Hukum & Kriminal

Pura-pura Nongkrong, Lelaki Ini Congkel Gerobak dan Curi Tabung Gas

Pelaku pencurian dengan mencongkel gerobak PKL di Semoliwaru, Surabaya, Kamis (30/7/2020). [Foto/istimewa]

Surabaya (beritajatim.com) – Petugas patroli Polsek Sukolilo mengamankan pelaku pencurian di depan minimarket Semolowaru, Surabaya. Pelaku bernama M Haris, (35) warga Kecamatan Taman, Sidoarjo.

Menurut Kanit Reskrim Polsek Sukolilo Iptu Abidin, petugas awalnya curiga akan gerak-gerik pelaku. Karena meski warung sudah tutup, Haris tetap nongkrong di gerobak PKL. Karena curiga akan gerak-geriknya, petugas pun memantau dari jauh.

Benar, ternyata saat hendak meninggalkan lokasi, pelaku membawa dua buah tabung gas kosong. “Sampai akhirnya petugas mendekati pelaku dan menginterogasi. Pelaku terlihat gugup dan takut, terlebih karena dia membawa linggis. Sampai akhirnya dia mengakui bahwa mencuri tabung gas,” jelasnya kepada beritajatim.com, Sabtu (1/8/2020).

Sebelumnya, petugas lainnya juga mengecek gerobak yang didatangi pelaku. Di gerobak tampak ada bekas congkelan, utamanya pada bagian pintu laci. Karena dasar itulah petugas menanyakannya, hingga akhirnya yang bersangkutan mengakui perbuatannya.

“Dari pengakuannya, dia sudah mencuri tabung gas sebanyak tiga kali. Pencurian terakhir di dua gerobak yang ada di Semolowaru. Pelaku dijerat pasal 363 tentang dugaan pencurian dengan pemberatan,” papar Abidin.

Barang bukti yang disita petugas

Selain menangkap pelaku, polisi juga menyita sejumlah barang bukti. Di antaranya, dua tabung gas elpigi 3 Kg, sebuah linggis dan satu unit sepeda motor Supra Nopol W 6653 ZC sebagai sara pencurian. [man/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar