Hukum & Kriminal

Punya Kantor Megah, Polres Gresik Akan Naik Kelas Jadi Tipe A

Gresik (beritajatim.com) – Mulai Rabu (10/2/2021), jajaran Polres Gresik menempati gedung baru di Jalan Wahidin Sudirohusodo. Dengan gedung baru tersebut polres setempat akan ditingkatkan menjadi tipe A.

Berbagai fasilitas pendukung telah disiapkan. Mulai dari layanan SPKT yang mumpuni, commad center terpadu hingga sarana yang ramah anak dan difabel. Keberadaan gedung baru tersebut diharapakan mampu mendukung kinerja kepolisian dalam melayani masyarakat.

Proses pembangunan Mapolres Gresik yang baru dinilai memuaskan. Hal itu diakui oleh kalangan legislatif DPRD Gresik. Salah satunya Abdulallah Hamdi politis asal F-PKB. “Saya perhatikan sejak proses pembangunan. Progresnya perlu diakui paling bagus dari proyek yang lain,” ujar Sekretaris Komisi III DPRD Gresik itu, Selasa (9/2/2021).

Mapolres Polres Gresik yang baru itu dibangun di atas tanah seluas 1,1 hektar. Bangunan gedung dibagi menjadi tiga bagian. Pembangunan markas baru itu juga dalam rangka wacana persiapan peralihan status Polres Gresik dari tipe B menjadi tipe A.

Jika status Polres Gresik beralih menjadi tipe A, maka Kapolres akan dijabat perwira polisi dengan pangkat Komisaris Besar Polisi (Kombespol). Sementara ini, status polres masih tipe B, Kapolres Gresik masih dijabat perwira polisi dengan pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).

Menurut Abdullah Hamdi, beberapa fasilitas markas baru Polres Gresik ini masih kurang. Diantaranya ruang tahanan dan masjid. Rencananya ruang tahanan dan masjid akan dibangun dengan menggunakan APBD Gresik.

“Pembangunan markas baru Polres Gresik ini di tahap pertama telah menyedot anggaran sebesar Rp 34 miliar dari dana hibah APBD Gresik 2020,” paparnya.

Sementara untuk pembangunan rumah tahanan dan masjid dianggarkan Rp 8,5 miliar yang juga diambilkan dari dana hibah APBD Gresik 2021. “Rinciannya untuk pembangunan rumah tahanan dianggarkan Rp 5 miliar dan untuk masjid Rp 3,5 miliar. Jika ditotal anggaran pembangunannya Rp 42,5 miliar,” kata Abdullah Hamdi.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto mengatakan bahwa hal tersebut merupakan dukungan dari masyarkat dan pemerintah. “Kami untuk terus meningkatkan kinerja,” jelasnya. Semoga dengan dukungan tersebut, akan memupuk tanggungjawab lebih untuk seluruh jajaran kami dalam menjalankan tugas,” ungkapnya.

Apalagi, fasilitas baru tersebut tentu akan sangat menunjang program Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yakni Polri Presisi. Dimana polisi diharapkan mampu bekerja prediktif, responsibilitas, transparansi dan berkeadilan.

“Harapannya, markas baru ini bisa membuat pelayanan masyarakat lebih terintegrasi, modern, mudah, dan cepat,” tandas alumnus Akpol 2001 itu. [dny/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar