Hukum & Kriminal

Puluhan Prajurit Kodim 0817 Gresik Jalani Tes Urine

Gresik (beritajatim.com) – Puluhan prajurit teritorial Komando Distrik Militer (Kodim) 0817 Gresik menjalani tes urine dengan menggandeng Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gresik.

Kegiatan yang dikemas melalui penyuluhan dan sosialisasi itu, sebagai upaya pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) selama triwulan empat tahun 2019.

Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNK Gresik Nurhani menuturkan, ada 85 prajurit dari Kodim 0817 mulai dari perwira, bintara, dan tamtama ikut sosialisasi serta penyuluhan sekaligus menjalani tes urine.

“Tes urine ini kami lakukan secara acak,” tuturnya, Senin (25/11/2019).

Kepala Staf Distrik Militer (Kasdim) Kodim 0817 Gresik Mayor Arh Suwanto mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mengantisipasi penyalahgunaan narkoba khususnya di kalangan prajurit dan keluarga besar Kodim 0817 Gresik.

“Melalui sosialisasi dan penyuluhan ini. Kita lebih paham apa itu narkoba dan apa efeknya apabila kita mengkonsumsi narkoba,” katanya.

Suwanto menambahkan, saat ini penyalahgunaan narkoba yang telah merebak keberbagai kalangan dan mengakibatkan rusaknya nilai-nilai moral serta sendi-sendi kehidupan masyarakat. Dimana, dampaknya bisa mengancam kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Sosialisasi dan penyuluhan ini merupakan upaya antisipatif guna melindungi prajurit dan PNS serta keluarga dari bahaya narkoba yang semakin meresahkan masyarakat imbuhnya.

Kalau ada oknum yang terlibat narkotika lanjut Suwanto, pimpinan maupun komando atas tidak akan mentolelir bagi siapa saja yang terbukti terlibat masalah penyalahgunaan narkoba. Sanksi tegas akan diberhentikan dengan tidak hormat kepada prajurit dan PNS sesuai dengan hukum yang berlaku di lingkungan TNI AD.

“Kegiatan penyuluhan dan sosialisasi bahaya narkoba merupakan program dari komando atas, dalam rangka mendukung dan mensukseskan program Indonesia bebas narkoba,” pungkasnya. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar