Hukum & Kriminal

Pilbup Kediri 2020

Puluhan Peserta Seleksi Panwascam Kabupaten Kediri Dites Urine

Kediri (beritajatim.com) – Bawaslu Kabupaten Kediri bersama BNN setempat melakukan tes urine terhadap puluhan peserta seleksi panitia pengawas kecamatan (Panwascam). Tes urine ini merupakan salah satu persyaratan administrasi yang dapat menggugurkan peserta, apabila terbukti positif narkoba.

Peserta yang mengikuti tes urine ini adalah mereka yang sudah dinyatakan lolos tes tulis dan wawancara. Pemeriksaan urine tersebut untuk memeriksa kandungan urine peserta dari zat adiktif narkoba dan obat obatan terlarang.

Saidatul Umah, Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri mengatakan, tes urine menjadi persyaratan administrasi yang bersifat wajib bagi peserta seleksi panwascam. “Kegiatan ini juga bentuk sinergitas antara bawaslu dengan bnn dalam komitmen pemberantasan narkoba,” kata Saidatul Umah, Kamis (19/12/2019).

Apabila ada peserta seleksi yang terdeteksi positif narkoba, mereka akan dicoret dari pencalonan. Peserta tersebut bakal di-PAW dan harus menghadapi konsekuensi atas kasusnya.

Ada sebanyak 78 peserta dinyatakan lolos tes tulis dan wawancara dalam seleksi anggota Panwascam Kabupaten Kediri. Bawaslu memfasilitasi pelaksanaan tes urine bagi mereka yang tidak melakukan tes secara mandiri.

Peserta yang terbebas narkoba akan dilantik sebagai anggota Panwascam dan bekerja dalam pengawasan Pilbup Kediri 2020. [nng/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar