Hukum & Kriminal

Puji Kampung Tangguh Adi Santoso Kepanjen, Ini Kesan Kapolres Malang

Malang (beritajatim.com) – Kepala Polisi Resor Malang AKBP Hendri Umar mengapresiasi Kampung Tangguh di Jalan Adi Santoso, Kelurahan Ardirejo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Menurut Hendri, Kampung Tangguh di tengah Ibukota Kabupaten Malang, Kepanjen itu, sangat lengkap dan dianggap mampu memberi warna yang baik ditengah penanganan dan pencegahan wabah Covid-19 di Kabupaten Malang.

“Ini Kampung Tangguh yang paling lengkap. Ada protokol kesehatan di depan gapura. Warga yang masuk kampung ini harus cuci tangan dulu, harus pakai masker dan kendaraan harus disemprot menggunakan disinfektan. Sangat bagus,” ungkap Hendri Umar, Selasa (2/6/2020) usai meninjau keberadaan Kampung Tangguh di Jalan Adi Santoso, Kepanjen.

Kata Hendri, selain mempunyai protokol kesehatan sangat lengkap, Kampung Tangguh ini juga memiliki Pos Layanan Kesehatan lengkap dengan tim medisnya yang dipersiapkan bagi seluruh warga Kampung Tangguh.

Inisiasi Kampung Tangguh Jalan Adi Santoso dari warga setempat yang tergabung dalam Lembaga Sosial Independent (LSI) ini, juga memberikan bantuan ketahanan pangan berupaya sayur mayur dan juga sejumlah kebutuhan pokok lainnya.

“Disini juga ada Pos Kupon Sayur. Ibu-ibu yang ingin mendapatkan sayuran segar bisa menukarkan kupon dan semuanya gratis. Lalu ada layanan kesehatan. Sehingga warga tinggal mendatangi Pos Kesehatan apabila terjadi gejala medis,” beber Hendri.

Ia melanjutkan, di Kampung Tangguh Adi Santoso, warga kampung juga menyediakan Pos Bantuan Sembako. Bantuan ini di dapat dari warga yang mampu dan donatur lain yang tidak mengikat untuk selanjutnya, diserahkan pada warga yang membutuhkan atau terdampak Covid-19 secara langsung.

“Ini cukup spesial karena kelihatan benar sudah ada struktur dan organisasi yang jelas. Masing-masing sudah paham mereka harus berbuat apa,” katanya.

Ditambahkan pria yang pernah menjabat Kasubbagbungkol Spripim Polri ini, fasilitas penanganan Coronavirus disease 2019 atau Covid-19 di Kampung Tangguh Jalan Adi Santoso sudah memiliki pos check point, posko kesehatan, dan pos sembako.

“Mereka juga punya kupon senyum. Kupon itu bisa digunakan warga tidak mampu untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Untuk kesehatan juga sudah dibuatkan SOP-nya dengan jelas disana. Ada juga pos pengaduan, jadi jika ada temuan masalah disini, seperti pemakaman untuk warga terdampak dan masalah lain yang membutuhkan bantuan warga lain, bisa dimanfaatkan secara maksimal,” terangnya.

Hendri pun memuji dan terkesan dengan kesiapan Kampung Tangguh Jalan Adi Santoso itu dalam mengantisipasi pandemi Covid-19. “Ini benar-benar mencerminkan kemandirian, ketangguhan, dan kemampuan kampung ini untuk menghadapi ancaman dari luar. Jadi bukan hanya Covid-19, masalah lainnya pun mereka sudah siap,” pungkasnya. (yog/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar