Hukum & Kriminal

PSBB Diterapkan, Layanan SIM di Polrestabes Surabaya Dihentikan

Surabaya, (beritajatim.com) – Layanan permohonan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di Surabaya ditutup selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Surabaya.

Penutupan layanan ini berlaku hari ini. Sebelumnya Polrestabes Surabaya menerapkan pelayanan SIM baik perpanjangan dan pembuatan baru yang dilayani di dua titik. Yakni kantor pelayanan Colombo dan Mall BG Junction. Hanya saja semua ini akhirnya ditutup total.

“Sementara waktu kita tutup sampai keputusan baru nanti diterapkan. Yang pasti kita tunggu perkembangan penyebaran virus corona, ” jelas Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, AKBP Teddy Candra, Rabu (29/4/2020).

Lebih lanjut, AKBP Teddy menjelaskan penutupan layanan SIM itu dilakukan hingga waktu yang belum ditentukan. Meski aturan PSBB dijadwal hingga tanggal 11 Mei 2020 nanti, maka pihak kepolisian bisa membuka kembali sebelum atau sesudah penerapan PSBB ini.

“Penutupan layanan itu hingga waktu yang belum ditentukan. Kondisional, nanti akan kami umumkan kembali,” tambahnya.

Meski begitu, polisi mengimbau masyarakat tidak khawatir dengan layanan SIM yang ditutup sementara. Sebab polisi memastikan ada disepensasi bagi SIM yang masa berlakunya habis selama pandemi. Dispensasi ini diberlakukan untuk masa aktif SIM dari tanggal 17 Maret hingga batas waktu yang tak ditentukan.

“Nanti yang SIMnya mati selama pandemi ini bisa diurus hingga pandemi ini dinyatakan berakhir oleh pemerintah pusat. Pengurusannya pun seperti perpanjangan, tidak perlu seperti baru lagi,” tandasnya.(man/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar