Hukum & Kriminal

Program Si Manis Satlantas Polres Malang Raih Penghargaan Lemkapi

Melalui Si Manis, para pemohon Surat Ijin Mengemudi (SIM) khususnya kaum perempuan Indonesia, tak perlu lagi berdesakan dengan kaum pria.

Malang (beritajatim.com) – Si Manis namanya. Program ini digagas Satuan Lalu Lintas Polres Malang. Melalui Si Manis, para pemohon Surat Ijin Mengemudi (SIM) khususnya kaum perempuan Indonesia, tak perlu lagi berdesakan dengan kaum pria.

Jalur khusus pembuatan bagi wanita-wanita hebat seluruh Indonesia ini, disediakan Satlantas Polres Malang di Kantar Satpas SIM Karangploso, Kabupaten Malang. Melalui ide inilah, Satlantas Polres Malang meraih penghargaan dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi), Senin (28/10/2019) siang.

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung mengatakan, soal program Si Manis yang memperoleh penghargaan Lemkapi, pihaknya sangat mengapresiasi. “Melalui Si Manis ini, sebenarnya sudah diamanatkan dalam UU nomer 25 tahun 2009. Ini motivasi bagi seluruh jajaran Polres Malang untuk menciptakan terobosan dalam mempermudah pelayanan bagi masyarakat,” terang Ujung.

“Terimakasih yang sebesar-besarnya atas 4 penghargaan yang diterima Polres Malang. Semoga Lemkapi makin objektif dan maju kedepannya, memberi saran yang membangun,” harap Ujung.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu-Lintas Polres Malang AKP Wiliam Thamrin Simatupang menjelaskan, program Si Manis awalnya bermula dari antrian. “Ide awalnya kita lihat sehari-hari, banyak yang ngurus SIM khususnya wanita. Mereka sampai harus berdesakan. Kemudian kita coba bikin satu pelayanan SIM khusus perempuan. Ternyata cukup banyak peminatnya,” terang Wiliam.

Kata dia, dalam satu hari Satpas SIM khusus wanita ini, bisa melayani pembuatan SIM bagi 40 orang. “Minimal dalam satu hari kita bisa membuat SIM baru bagi 40 orang wanita. Hanya saja kendalanya kita masih kekurangan tenaga. Hanya ada 3 Polwan saja. Ditambah petugas lepas harian,” beber Wiliam.

Ia melanjutkan, pembuatan SIM khusus jalur wanita ini juga diilhami seperti gerbong khusus perempuan di Jakarta.

“Kereta MRT kan ada tuh, satu gerbong khusus wanita. Trans Jakarta juga ada, sehingga kita pakai lah sistem Si Manis ini. Kita jadikan khusus wanita. Kita ingin muliakan dan menghormati wanita melalui program Si Manis ini. Termasuk mempermudah dalam mendapatkan SIM. Maksimal 15 menit selesai, tak perlu berdesakan lagi dengan kaum pria,” pungkasnya. (yog/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar