Hukum & Kriminal

Pria ini Bawa Kabur Motor, Ternyata Begini Aslinya

Tuban (beritajatim.com) – Sejumlah warga yang berada di Dusun Babatan, Desa Latsari, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban berhasil menggagalkan percobaan pencurian sepeda motor milik Mustamir (50), seorang petani warga desa setempat, Selasa (30/4/2019).

Pelaku percobaan pencurian motor milik petani itu diketahui bernama Jaswanto (33), warga Desa Ngujuran, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. Setelah berhasil ditangkap ternyata pelaku merupakan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang juga pernah masuk rumah sakit jiwa Menur.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, aksi percobaan pencurian yang dilakukan orang gangguan jiwa itu berawal saat korban memarkir sepeda Jupiter dengan nomor polisi (Nopol) S 6229 GJ di pinggir jalan. Yang mana saat itu Mustamir sedang membajak sawah yang lumayan jauh dari sawahnya itu.

“Ketika korban sedang membajak sawah mengetahui ada orang yang mendorong motornya. Kemudian korban berteriak minta tolong jika sepeda motornya dicuri,” terang AKP Chakim Amrullah, Kapolsek Bancar, Polres Tuban.

Mendengarkan teriakan petani itu, sejumlah warga sedang ada di sekitar lokasi kejadian langsung mengejar pria tanpa baju yang berusaha membawa kabur motor korban tersebut. Akhirnya pelaku berhasil dihentikan oleh warga sekitar dan kemudian dilaporkan kepada pihak Polsek Bancar.

“Anggota yang mendapatkan laporan langsung datang ke lokasi. Kemudian mengamankan pelaku dan dilakukan pemeriksaan,” tambah AKP Chakim.

Ketika dilakukan pemeriksaan oleh petugas, diketahui identitas dari pria yang hendak membawa kabur sepeda motor di pinggir jalan sawah itu. Selanjutnya, diketahui pula bahwa pria itu bernama Jaswanto dan memang mempunyai riwayat sakit jiwa dengan bukti surat dari rumah sakit Menur.

“Berdasarkan riwayatnya, pelaku itu juga pernah di pasung dan pernah dirawat di Menur pada bulan September 2018 lalu. Kemudian dinyatakan rawat jalan dan sejak hari Sabtu kemarin yang bersangkutan mengalami kambuh,” papar Kapolsek Bancar, Tuban itu.

Sementara itu, mengetahui bahwa pelaku mengalami gangguan jiwa, selanjutnya pelaku percobaan pencurian motor itu langsung dilakukan pemeriksaan medis. Selanjutnya dia akan kembali diantarkan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawat kejiwaannya.

“Untuk proses selanjutnya atas kejadian ini yang bersangkutan akan dibawa ke Menur. Sedangkan sepeda motor korban akan kita kembalikan,” pungkasnya. [mut/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar