Hukum & Kriminal

Polsek Sambit Amankan 19 Ribu Pil Dobel L di Malam Tahun Baru

(Foto : Polsek Sambit)

Ponorogo (beritajatim.com) – Malam tahun baru disinyalir diduga digunakan untuk pesta, entah itu pesta miras maupun pesta obat-obat terlarang. Dimana dampak dari pesta tersebut bisa mengganggu kamtibmas. Oleh sebab itu, jajaran Polsek Sambit Ponorogo intensif menggelar patroli di wilayah hukumnya.

Tak ayal, dugaan itu benar, pada Rabu (1/1/2020) dini hari petugas berhasil mengamankan 3 pemuda. Hasil penggeledahan badan didapatkan 1 linting grenjeng rokok yang berisikan 3 butir pil dobel L, lintingan plastik warna bening kecil yang berisikan 2 (dua) butir dengan total 4 butir. “Mereka mengaku memperoleh barang tersebut dari seseorang yang beralamat di Desa Ketro Kecamatan Sawoo,” kata Kanit Reskrim Polsek sambit Aipda Moch. Kudori, Rabu siang.

Berbekal dari keterangan ketiga pemuda tersebut, jajaran Reskrim Polsek Sambit saat itu juga langsung memburu pelaku. Akhirnya polisi berhasil mengamanakan pelaku yang berinisial ASH di rumahnya. Selain itu polisi juga mengamankan barang bukti 19 plastik bening yang masing-masing plastik berisi 1000 butir. Sehingga semuanya ada 19 ribu pil dobel L. Dan uang sebesar Rp 300 ribu. “Pelaku langsung kami bawa ke mapolsek Sambit, guna untuk penyelidikan lebih lanjut,” katanya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 196 atau 197 UU RI No.36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Dimana mereka dengan sengaja, mengedarkan sediaan farmasi yang tidak memenuhi standar dan atau persyaratan keamanan, khasiat atau kemanfaatan dan mutu. “Pengedar obat terlarang itu akhirnya dapat diamanakan. Diduga puluhan ribu itu akan rangnakan untuk pesta malam tahun baru,” pungkasnya.(end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar