Hukum & Kriminal

Jawab Tudingan IPW

Polrestabes Surabaya Tegaskan Bahwa 11 Kg Sabu Sudah Dimusnahkan

Petugas Satnarkoba menunjukkan bukti adanya berita acara pemeriksaan (BAP) yang dimusnakan di Mapolrestabes Surabaya, Rabu (7/4/2021). [Foto/Manik Priyo Prabowo]

Surabaya (beritajatim.com) – Polrestabes Surabaya memastikan barang bukti 11 kg sabu yang disebut hilang sudah dimusnahkan di Mapolrestabes setempat, Senin (16/10/2020).

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Wakasat Narkoba Polrestabes Surabaya, Kompol Heru Dwi Purnomo saat memberikan klarifikasi, Rabu (7/4/2021). Menurutnya, klarifikasi ini diperlukan lantaran menanggapi adanya pernyataan Indonesia Police Watch (IPW) tentang dugaan menghilangnya barang bukti.

“Sehingga bisa jelas bahwa kasus yang dipertanyakan rekan jurnalis ini beda BAP. Untuk 11 kg yang dipertanyakan itu merupakan kasus di BAP tersangka RR dan MNC yang ditindak tegas terukur karena melawan petugas dengan menyabetkan senjata tajam,” jelasnya.

Lebih lanjut Kompol Heru memaparkan, kasua AH berbeda namun satu jaringan. Karena kasus RR dan MNC sudah ditindak tegas, terukur dan tepat sasaran, maka BAP AH tak diikut sertakan dalam kasus dan barang bukti RR maupun MNC.

Tak hanya itu, dalam pemusnahan BB pada Oktober 2020 itu, kepolisian juga mengundang LSM pegiat antinarkoba, Pengadilan Negeri, Pemerintah Kota Surabaya, ulama dan juga Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur.

Bahkan, alat yang digunakan untuk memusnakan barang bukti tersebut merupakan alat milik BNNK Provinsi Jawa Timur. “Betul BB yang dipertanyakan itu memang sudah dimusnakan. Bahkan kami (Polri) bisa mempertanggungjawabkan semua BB yang dimusnakan waktu itu,” lanjutnya. [man/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar