Hukum & Kriminal

Polrestabes Surabaya Sita 22 Mobil Hasil Penipuan, 21 Pakai Plat Nomor Palsu

22 Mobil sitaan Polrestabes yang menjadi barang bukti penipuan atau penggelapan di Mapolrestabes Surabaya, Jumat (28/2/2020). (manik priyo prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – Berjejer rapi dilingkari garis polisi, mobil hasil sitaan di Mapolrestabes Surabaya di Jumat (28/2/2020) dilakukan gelar perkara. Dari 22 mobil yang disita, 21 mobil ternyata data dan nomor kendaraan tak sesuai dengan nomor rangka dan mesin.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Sandi Nugroho menjelaskan, petugas mengamankan mobil ini karena merupakan barang bukti kasus penipuan atau penggelapan.

“Jadi ada lima tersangka dan satu tersangka masih buron. Mereka ini mencari pemilik mobil yang mau merentalkan kendaraanyya. Usai dirental, mobilnya digadaikan oleh para pelaku. Total ada 22 mobil satu sudah terdeteksi nomor mesin, rangka dan ditemukan pemiliknya. Yang 21 masih dalam proses identifikasi untuk menyinkronkan data kendaraannya,” jelas kapolrestabes saat gelar perkara.

Lebih lanjut Kapolrestabes menjelaskan, dalam perkara yang ada para pelaku yang tertangkap ini menyewa mobil antara lima unit sampai 7 unit. Para pelaku juga melakukan penggadaian unit ke beberapa orang. Dalam proses pegadaian kendaraan yang ada, para pelaku menggadai mobil antara Rp 20 juta hingga Rp 30 juta.

“Awalnya pelaku menyewa seharga Rp 200 ribu sampai Rp 250 ribu. Pelaku mengaku menyewa satu sampai dua hari tapi akhirnya digadaikan sampai harga Rp 30 juta. Tapi ada tiga korban melapor dan kita selidiki akhirnya dapatlah 22 unit mobil hasil penipuan atau penggelapan ini,” paparnya.

Sementara keempat pelaku yang sudah diamankan yakni JUN (35) warga Gersik, FNF (41) warga Surabaya, NSR (50) warga Rungkut, Surabaya, IWN (39) warga Sidoarjo. Sedangkan satu pelaku lain yang masih dikejar yakni ISM alias Putri (30) warga Surabaya. Para pelaku ini terancam dengan pasal 56 JO 480 KUHP.

Sementara itu satu unit mobil yang sudah teridentivikasi nomor kendaraannya langsung diserahkan ke pemilik. [man/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar