Hukum & Kriminal

PIlwali Surabaya 2020

Polrestabes Surabaya Pantau Warga Disiplin Prokes saat Pencoblosan di TPS

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Jhonny Eddizon Isir saat pimpin persiapan personil pengamanan Pilkada 2020, Senin (7/12/2020).(Humas)

Surabaya (beritajatim.com) – Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Jhonny Eddizon Isir memimpin langsung apel persiapan personil pengamanan Pilkada 2020 pada 9 Desember 2020 di mapolrestabes setempat, Senin (7/12/2020).
Dalam upacara singkat tersebut, kapolrestabes menekankan personilnya harus bertindak tegas jika pemilih tak taat protokol kesehatan (prokes) pada waktu pencoblosan di Tempat Pengungutan Suara (TPS).

Dalam gelar personil tersebutm Polretabes Surabaya akan menyiagakan 1022 personel untuk mengamankan 5182 TPS yang tersebar di 31 Kecamatan di Surabaya.

“Kita mengecek kesiapannya personel maupun dan peralatan yang mereka bawa. Kemudian kita melakukan pergeseran pasukan dari Polretabes Surabaya BKO ke Kecamatan-Kecamatan hari ini. Ada penegasan terkait prokes karena ini sangat penting,” kata Kabag Ops Polrestabes Surabaya, AKBP Anton Elfrino Trisanto kepada wartawan di usai apel.

Lanjut Anton, ia memastikan dalam melakukan pengamanan TPS nantinya, setiap personel dilengkapi dengan peralatan protokol kesehatan. “Personel 1022 untuk PAM TPS. Untuk TPS sendiri 5182. Setiap pasukan kita lengkapi dengan peralatan-peralatan protokol kesehatan, masker, hand sanitaizer, kemudian sarung tangan hazmat kemudian face sheild, kita lengkapi itu semua,” papar Anton.

Tidak hanya itu, sebelum diterjukan untuk pengaman, semua personel sudah dilakukan tes swab. Hasil ada sekitar 20 personel yang hasil tes swab terkonfirmasi positif sudah dilakukan isolasi dan diganti dengan personel yang baru. Langkah ini juga memberikan pengamanan warga supaya tak terjangkit virus dari personil pengamanan.

“Swab sudah. Kemarin hasilnya ada beberapa personel yang positif dan sudah kita isolasi, kemudian kita gantikan dengan personel yang baru. Sekitar 20 personel (terkonfirmasi positif),” lanjut Anton.

Sementara itu, dalam pengamanan TPS-TPS nantinya, pihaknya akan melakukan antisipasi pengamanan dengan melakukan operasi skala besar. Antisipasi, lanuut Anton kepolisian melakukan langkah-langkah preemtive, preventive patroli sekla besar dan lain-lain. “Hari ini kita fokus pengamanan TPS,”tandas Anton.(man/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar