Hukum & Kriminal

Cegah Virus Corona

Polrestabes Surabaya Hentikan Operasi Lalu Lintas Berkelompok

Petugas kepolisian saat melakukan aktivitas pendampingan antisipasi corona di sepanjang jalan di Kota Surabaya, Selasa (24/3/2020).(manik priyo prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – Usai menghentikan sementara pelayanan pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM). Polrestabes Surabaya akhirnya juga mengehentikan operasi lantas sektoral sementara waktu dari 24 Maret 2020 sampai 30 Maret 2020.

Pengehentian sementara ini dikarenakan untuk mengantisipasi adanya pengumpulan massa atau orang banyak. Sebab ditengarahi akan membuat penyebaran virus corona atau covid-19 semakin cepat.

“Kita pastikan bahwa pengehentian sementara pelayanan SIM juga dibarengi dengan operasio sektoral lalulintas. Tujuannya supaya tak ada pengumpulan massa yang berdampak luas akan penularan penyakit corona,” tegas AKBP Teddy Candra saat dihubungi beritajatim.com, Selasa (24/3/2020).

AKBP Teddy juga menjelaskan, untuk operasi gabungan baik itu ops cipta kondisi (Cipkon) dan ops gabungan pajak samsat pihaknya mengaku belum tahu. Sebab, keputusan tersebut merupakan keputusan Kapolrestabes Surabaya dan Badan Pengelola Pajak Daerah.

Oleh sebab itu, pihaknya hanya bisa memastikan bahwa ops lantas kondisional atau sektoral sudah ditiadakan sementara waktu. Meski dihentikan sementara, para petugas lantas tetap menjalankan tugasnya mengatur lalulintas dan menilang para pelanggar jakanan. Termasuk para pengendara yang teledor tak mengenakan atribut keselamatan.

“Kalau ops gabungan kita belum tahu apakah ditiadakan juga atau tidak. Yang pasti ops lantas kita hentikan sementara khusus yang ops sektoral atau kondisional. Tapi tetap petugas lantas akan menilang jika melihat pengendara mengendarai kendaraanya tanpa atribut dan membahayakan pengguna jalan lain,” tandasnya.(man/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar