Hukum & Kriminal

Polrestabes Surabaya Butuh Printer SIM Tambahan, Ini Alasannya

Terjadi penumpukan pengajuan SIM di Tunjungan Plasa (TP) satu, Surabaya, belum lama ini. (Manik Priyo Prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – Semakin mengularnya antrian pengajuan Surat Izin Mengemudi (SIM) wilayah hukum Polres Surabaya  membuat warga di Kota Surabaya dan sekitarnya banyak mengeluh.

Keluhan selain disampaikan secara langsung ke petugas kepolisian keluhan juga disampaikan ke sejumlah sosial media dan juga portal media.

Melihat kondisi tersebut pasar Kasatlantas Polrestabes Surabaya, Kompol Teddy mengatakan pengajuan mesin percetakan SIM sudah dilakukan.

“Pengajuan sudah dilakukan dan sampai saat ini masih proses pengadaan barang yang kita harapkan 2019 dan 2020 ada penambahan mesin cetak SIM,” katanya kepada beritajatim.com, Senin (25/11/2019).

Penambahan printer SIM ini, lanjut Kompol Teddy, wajib dilakukan karena Polrestabes Surabaya mencetak SIM baru maupun pembaruan sebanyak 1000 SIM perhari.

Oleh sebab itu, penambahan SIM diperlukan dikarenakan dalam percetakan SIM minimal dibutuhkan 1 menit waktu percetakan dengan kondisi seluruh jaringan internet lancar.

Percetakan bisa melebihi semenit yakni antara tiga hingga tujuh menit dikarenakan terjadi kendala diantaranya yakni jaringan internet atau mesin printer mengalami overhead (panas.red).

“Apabila jaringan mengalami kendala maka permintaan data kependudukan baik itu mengungguh maupun mengunggah data akan membutuhkan waktu cukup lama. Selain itu mesin printer panas karena mencetak lima hingga 10 kali print secara terus-menerus. Sehingga mesin harus istirahat atau harus dilakukan restart,” paparnya.

Sejauh ini Polrestabes Surabaya hanya memiliki 3 mesin percetakan SIM. Ketiga mesin tersebut berada di 2 di kantor Colombo. Sedangkan satu lagi berada di corner SIM yakni di Tunjungan Plaza Satu (TP1). Padahal rumah sebelumnya Polrestabes memiliki setidaknya 5 hingga 8 mesin printer sehingga pelayanan percetakan SIM atau pengajuan serta pembuatan SIM baru bisa terlayani lebih cepat.

“Sebelum SIM baru Polrestabes bisa melayani Rp1.000 lebih pembuatan SIM baik itu baru maupun perpanjangan. Selain cepat Polrestabes juga bisa melayani pembuatan SIM di tiga titik yakni Colombo, di kantor siola, di kantor TP 1,” sahutnya.(man/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar