Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Operasi Patuh Semeru 2022

Polresta Mojokerto Optimalkan Mobil INCAR dan CCTV

Kapolresta Mojokerto, AKBP Rofiq Ripto Himawan bersama Forkopimda saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2022 di halaman Lapangan Maha Patih Gajah Mada Polresta Mojokerto. [Foto : ist]

Mojokerto (beritajatim.com) – Kapolresta Mojokerto AKBP Rofiq Ripto Himawan memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Patuh Semeru 2022 di lapangan Maha Patih Gajah Mada Polresta Mojokerto. Selama operasi berlangsung, Polresta Mojokerto mengoptimalkan mobil INCAR dan CCTV.

Kapolresta Mojokerto, AKBP Rofiq Ripto Himawan mengatakan, Operasi Patuh Semeru 2022 tidak jauh berbeda pada Operasi Patuh Semeru 2021 hanya saja pelaksanaannya digelar pasca Covid-19. Meskipun begitu dalam pelaksanaannya, lebih mengedepankan kegiatan yang bersifat preventif dan preemtif.

“Perlu kita ketahui bersama, pasca Covid-19 ini banyak kejadian kecelakaan yang kuantitas dan kualitasnya mengalami kenaikan. Seperti yang sudah dilakukan di jajaran kepolisian, sekarang di polri sedang digencarkan kaitan penegakan hukum dengan metode, E-tle, INCAR,” ungkapnya, Senin (13/6/2022).

Metode, E-tle, INCAR bisa menjadi teknologi pendukung Operasi Patuh Semeru 2022 guna mengurai kemacetan, mengurangi kuantitas dan kualitas angka kecelakaan. Terkait fasilitas pendukung, lanjut Kapolresta, ada lebih dari 500 titik CCTV yang aktif terpasang di Kota Mojokerto.

“Untuk jumlah di kabupaten kami masih belum bisa memastikan tepatnya berapa, yang pasti jauh lebih banyak dari kota. Operasi Patuh Semeru 2022 dengan tema Tertib Berlalu Lintas Selamatkan Anak Bangsa ini akan dilaksanakan selama 14 hari ke depan. Mulai tanggal 13 sampai 26 Juni 2022,” katanya.

Tak hanya di Mojokerto Raya, lanjut Kapolresta, namun Operasi Patuh Semeru 2022 tapi gencarkan di seluruh wilayah di Jawa Timur. Ada tujuh poin utama yang menjadi sasaran Operasi Patuh Semeru 2022 yakni bagi pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi atau pengendara di bawah umur.

“Sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang, sepeda motor tidak menggunakan helm SNI, pengemudi atau pengendara kendaraan dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol, pengendara melawan arus dan melebihi batas kecepatan. Salam operasi kali ini tetap dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif,” ujarnya.

Secara humanis dan persuasif dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Selain dalam menegakkan aturan kelengkapan penggunaan kendaraan dan sopan santun dalam berlalu-lintas, protokol kesehatan juga menjadi salah juga menjadi substansi penting.

“Dan tetap harus kita sampaikan kepada masyarakat terkait tertib protokol kesehatan. Sebagai fasilitas pendukung, dalam Operasi Patuh Semeru 2022 ini juga ditambahkan dengan adanya mobil INCAR. Alhamdulillah Kota Mojokerto juga sudah punya kendaraan dengan fasilitas teknologi yang akan menangkap visual di lapangan,” tuturnya.

Apabila masyarakat melakukan pelanggaran atau penyimpangan akan terekam dan nantinya akan dikirimkan ke rumah masing-masing. Kapolresta menghimbau kepada anggotanya untuk melaksanakan 3S (sebelum, saat, dan sesudah) yaitu deteksi dini, pencegahan dini, dan deteksi aksi terhadap seluruh potensi kerawanan kamseltibcarlantas.

‘Yakni dengan kegiatan edukasi kepada masyarakat secara intens, dengan mengutamakan tindakan preemtif dan preventif, dan apabila harus melakukan tindakan represif laksanakan secara profesional dan terukur sesuai SOP serta hindari sikap arogan dan segala penyimpangan yang dapat menurunkan citra polri di mata masyarakat,” urainya.

Dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2022 kali ini, juga turut hadir Walikota, Wakil Bupati Mojokerto, Dandim 0815, Dandenpom V/2, Ketua DPRD Kota Mojokerto, Ketua Pengadilan (PN) Mojokerto, Kadishub Kota Mojokerto, KasatPol PP Kota Mojokerto, Kasatpol PP Kabupaten Noerhono, Wakapolres dan Pejabat Utama Polresta Mojokerto. [tin/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar