Hukum & Kriminal

Polresta Malang Kota Tangkap Pelaku Penipuan Investasi Properti

Polresta Malang Kota menangkap seorang pria asal Tangerang, PA (33) karena melakukan penipuan investasi properti bodong.

Malang(beritajatim.com) – Polresta Malang Kota menangkap seorang pria asal Tangerang, PA (33) karena melakukan penipuan investasi properti bodong terhadap rekanan bisnisnya dengan menggelapkan uang sekitar Rp1,25 miliar.

Korban adalah MS (47). Dia melaporkan ke polisi karena janji bisnis yang ditawarkan PA tidak terealisasi. Bahkan, saat dihubungi PA melarikan diri. Kasus ini pun akhirnya ditangani Polresta Malang Kota sejak Februari 2021 lalu.

“Jadi, korban diajak kerjasama untuk proyek pembangunan properti di wilayah Kedungkandang, Kota Malang. Korban transfer Rp 1,25 miliar sebanyak empat kali. Properti pun tidak tercapai sampai sekarang,” ujar Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto, Senin, (2/8/2021).

Pria yang akrab diapa Buher itu mengungkapkan korban tergiur dengan bisnis properti karena dijanjikan keuntungan 50 persen dari total dana investasi. Setelah mendapat laporan polisi melakukan pengejaran dan penyelidikan. Pelaku akhirnya ditangkap di daerah Bandung, Jawa Barat.

“Hubungan antara pelaku dan korban ini rekanan bisnis. Jadi awalnya dijanjikan mendapat 50 persen. Kalau semisal Rp 1 miliar itu akan mendapat untung Rp 500 juta. Akhirnya pelaku ketangkap di Bandung,” papar Buher.

Sementara itu, PA mengaku menggunakan uang hasil penipuan itu untuk keperluan hidup sehari-hari. Sebagian uangnya digunakan untuk membeli mobil BMW seharga Rp100 juta.

“Dan juga membayar uang kompensasi dari korban lainnya. Jadi gali lubang tutup lubang,” tandas PA.

Akibat perbuatanya tersangka dijerat dengan pasal 378 jo pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun penjara. (luc/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar