Hukum & Kriminal

Polresta Malang Kota Latih Pemohon SIM Lewat Remedial Teaching

Satlantas Polresta Malang Kota berinovasi dengan program Remedial Teaching.

Malang(beritajatim.com) – Satlantas Polresta Malang Kota berinovasi dengan program Remedial Teaching. Ini adalah program percobaan arena praktik pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru untuk para pemohon. Agar lancar menjalani tes praktik pemohon bisa langsung latihan berkendara di lokasi Satpas sampai mahir.

“Jadi ini untuk masyarakat yang mengaku belum pernah diajari tapi gugur atau yang baru pertama kali ikut tes praktik bisa mencoba track dulu,” kata Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Ramadhan Nasution, Selasa, (2/2/2021).

Remedial Teaching dilakukan setiap akhir pekan pada hari Sabtu. Jam latihan dimulai sejak pukul 15.00 WIB hingga 17.30 WIB. Polresta juga menyiapkan pendamping dari anggota polisi yang akan memberikan arahan atau trik agar lulus uji praktik.

“Kami buka remedial teaching mulai jam 15.00 WIB sampai jam 18.00 WIB. Di sana ada empat petugas standby ikut mendampingi memberikan tips dan triknya lancar ujian SIM. Dua petugas bagian praktik dan dua petugas bagian teori,” ujar Ramadhan.

Selama ini, banyak dari pemohon SIM gagal saat ujian praktik. Untuk ujian teori 60 persen pemohon lulus. Menurut Ramadhan, para pemohon perlu konsentrasi dan kesiapan saat ujian praktik agar lolos dari test permohonan SIM.

“Kalau ujian teori 60 persen lulus, banyak gagal saat praktik itu. Kalau ujian praktik memang sulit karena tidak menggunakan motor pribadi, tapi kami sediakan semua jenis di sana. Kalau praktik roda dua bisa pakai motor sendiri. Tapi kalau roda empat sudah ada di Satpas. Tapi kami batasi di sana sampai 20 kendaraan, apalagi sekarang masih pandemi,” tandasnya. (Luc)



Apa Reaksi Anda?

Komentar