Hukum & Kriminal

Polresta Malang Kota Lakukan ‘Knowledge Sharing’ Untuk Polres se-Indonesia

Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata.

Malang (beritajatim.com) – Polresta Malang Kota mendapat penghargaan predikat pelayanan prima karena melayani publik dengan baik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Bahkan, Polresta Malang Kota diberikan kesempatan knowledge sharing kepada Polres se-Indonesia pada saat menerima penghargaan, Selasa (16/2/2021).

“Yang diberikan adalah pelayanan publik, mencakup dua aspek SKCK dan SIM atau Satpas kita tahun ini dapat kategori A, tahun lalu A minus. Allhamdulilah, Polresta Malang Kota dari 12 terpilih memberikan knowledge sharing. Memberikan motivasi ke polres lain. Bahkan dapat apresiasi oleh Kemenpan RB,” kata Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata, Rabu, (17/2/2021).

Leonardus mengatakan, untuk mendapatkan penghargaan pelayanan prima ada 6 aspek yang menjadi standar penilaian. Terdiri dari penilaian terbuka dan tertutup. Penilaian dilakukan sebanyak tiga kali. Di awal tahun, pertengahan dan akhir tahun.

“Penilaian ini terbuka dan tertutup. Ada customer yang sengaja diutus, tamu misterius dikirim secara random untuk melihat sejauh mana pelayanan apakah ada pungli atau birokasi yang ruwet,” ujar Leonardus.

Leonardus mengatakan, faktor pendukung lainnya tidak hanya inovasi dari segi teknologi seperti aplikasi Jogo Ngalam. Tetapi juga non teknologi. Seperti program Bus Arema Police Sobo Kelurahan. Dia menyebut inovasi yang dibuat untuk mempermudah pelayanan.

“Setelah saya selesai banyak yang menghubungi banyak yang minta video dan bahan-bahan aplikasi. Karena mereka mau mengembangkan hal yang sama. Salah satunya, Polda Sumatera Utara ingin mengembangkan hal yang sama,” tandas Leonardus. [luc/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar