Hukum & Kriminal

Polresta Malang Kota Bikin Aplikasi Pelayanan Publik ‘Jogo Ngalam’

Kapolresta Malang Kota, Kombespol Leonardus Simarmata.

Malang (beritajatim.com) – Polrestas Malang Kota sedang mempersiapkan aplikasi berbasis android bernama ‘Jogo Ngalam’. Aplikasi digital ini untuk memudahkan pelayanan publik, di Jogo Ngalam bakal ada banyak fitur yang memudahkan warga untuk mendapatkan perlindungan keamanan maupun pelayanan lainnya.

“Sekarang sudah dibuat dan akan dilaunching pada Februari 2020 nanti. Saat launching kita akan undang Kapolda Jatim,” ujar Kapolresta Malang Kota, Kombespol Leonardus Simarmata, Selasa, (7/1/2020).

Leonardus mengatakan, diantara fitur-fitur aplikasi itu bakal tersedia layanan pembuayan SIM online. Pengurusan perpanjangan surat kendaran maupun pendaftaran kendaraan baru. Hingga pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian secara online.

“Jadi nanti masyarakat tinggal mengisi formulir dari handphone masing-masing. Kemudian menerima barcode. Tinggal datang ke kantor kami untuk scan barcode tersebut. Termasuk ada panic button di dalam aplikasi ini, ada gangguan keamanan tinggal pencet nanti polisi datang,” papar Leonardus.

Selain itu, aplikasi yang akan ditambahi adalah, layanan pengaduan telepon gratis dengan nomor 110. Dalam pelayanan ini, polisi akan menelpon balik si penelpon dengan waktu maksimal lima menit kemudian. “Masih di ujicoba oleh tim IT Polresta Malang Kota. Sementara android dulu nanti bisa diunduh di playstore,” tandasnya. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar