Hukum & Kriminal

Polresta Malang Kota Amankan 4,5 Kilogram Ganja dari Tangan Pengedar

Polisi menangkap dua pengedar ganja dengan barang bukti 4,5 kilogram.

Malang(beritajatim.com) – Polresta Malang Kota menangkap dua orang pengedar narkoba dengan barang bukti yang diamankan seberat 4,5 kilogram ganja. Pengungkapam berawal dari laporan adanya benda mencurigakan oleh jasa ekspedisi di kawasan Jalan Kolonel Sugiono atau Mergosono, pada Selasa 4 Agustus 2020 lalu.

“Kami dari Polresta kemudian berkoordinasi dengan Polsek Sukun mendatangi lokasi. Ternyata benar ada paket ganja seberat 820 gram yang belum diambil penerima,” ujar Kapolresta Malang Kota, Kombespol Leonardus Simarmata, Rabu, (26/8/2020).

Setelah melakukan penyelidikan diketahui ganja ini milik tersangka Agus Adi (38) warga Jalan Kolonel Sugiono. Polisi kemudian bergerak mencari kediaman Adi dan menangkapnya. Hasil interogasi, Adi mendapat ganja dari Budi Wahyono (BW).

“Hasil penggeledahan ditemukan beberapa paket ganja kering di rumah para tersangka dengan total 4,5 kg beserta alat pres dan plastik pembungkus. Ganja kering siap edar ini didapat BW dari seseorang berinisial Z di Jawa Tengah saat ini DPO,” kata Leonardus.

Ganja ini dikirim oleh Z melalui jasa ekspedisi kereta api. Di Malang, BW bertugas mengirim ganja ke pemesan sesuai perintah Z. Pengakuan BW, ganja yang sempat dikirim dari Jawa Tengah total seberat 10 kilogram. Polisi mendapati barang bukti seberat 4,5 kilogram karena sisanya telah terjual.

“Dari Jateng dikirim total 10 kg, tapi yang kami dapat hanya 4,5 kg karena lainnya sudah dijual dan sisanya rusak dibuang. Dari penjualan ganja, BW mendapat upah Rp200 ribu dan baru kenal dengan Z selama tiga bulan lalu,” tandasnya.

Akibat perbuatanya kedua tersangka dijerat Pasal 114 Ayat 1 dan 111 Ayat 2 UU 35 Tahun 2009 dengan ancaman 20 tahun penjara maksimal. Polisi masih melakukan penyidikan untuk memburu pelaku lain yang masih buron. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar