Hukum & Kriminal

Polresta Banyuwangi Tangkap Otak Pengedar Uang Asing Palsu Rp 4,5 Triliun

Banyuwangi (beritajatim.com) – Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifudin mengungkap kembali satu pelaku pengedar uang asing palsu. Dia berinisial SW ditangkap di luar Provinsi Jawa Timur.

“Hasil pengembangan, kita menangkap satu orang lagi berinisial SW. Sementara kita kembangkan dengan orang berbeda,” jelas Kapolresta Arman, Rabu (3/3/2021).

Dari tangan tersangka ini diamankan sejumlah lembar mata uang Euro palsu dan master key. “Kita kembangkan dan orang tersebut adalah satu dari dua DPO yang kita cari,” katanya.

Polisi menunjukkan barang bukti diduga uang pecahan China hasil pengembangan ungkap kasus pelaku peredaran uang asing palsu di Banyuwangi. (rindi)

Sementara dari 10 orang yang ditangkap, kata Arman, satu orang diduga sebagai otak pelaku dari kasus peredaran dan jual beli uang palsu tersebut. “Sementara ada 11 pelaku yang hingga saat ini telah ditangkap,” jelasnya.

Sebelumnya, Polresta Banyuwangi berhasil mengungkap kasus peredaran uang asing palsu berbeda. Dari pengungkapan awal, polisi berhasil mengamankan US$ 180 ribu atau senilai Rp 2,8 Triliun.

Pengembangan lanjutan, Satuan Reserse Kriminal Polresta Banyuwangi berhasil mengungkap kembali kasus ini. Hasilnya, barang bukti pecahan uang Euro senilai ⍷100 juta atau setara dengan Rp 1,7 Triliun. Total sementara barang bukti yang berhasil diamankan mencapai Rp 4,5 Triliun. (rin/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar