Hukum & Kriminal

Cegah Covid-19

Polres Tuban Lakukan Penyekatan di Perbatasan Masuk Jatim

Tuban (beritajatim.com) – Sebagai upaya menekan penyebaran virus corona atau Covid-19, jajaran Polres Tuban bersama dengan Kodim 0811 Tuban dan berbagai unsur dari Pemkab setempat melakukan penyekatan kendaraan dan mendirikan posko pencegahan virus corona, Rabu (1/4/2020).

Penyekatan itu berlangsung di perbatasan Jawa Timur (Jatim) dengan Jawa Tengah (Jateng) yakni Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. Dalam kegiatan itu juga dilakukan penyemprotan disinfektan bagi kendaraan umum maupun pribadi yang berasal dari wilayah Jateng.

“Kegiatan di perbatasan bersama petugas gabungan dari TNI, Dishub, Satpol PP, Dinas Kesehatan ini merupakan salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” terang Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, usai kegiatan.

Dalam pemerikaan kendaraan itu petugas juga diminta untuk menjaga jarak aman. Kendaraan penumpang umum dan juga mobil pribadi dengan plat nomor luar Jawa Timur yang melintas dilakukan pemeriksaaan. Pengguna jalan dicek suhu tubuhnya dan kondisi kesehatannya, sebagai deteksi awal.

“Kita mendirikan posko terpadu di wilayah perbatasan Jatim-Jateng. Kita melakukan pemeriksaan dengan sasaran kendaraan-kendaraan umum maupun kendaraan pribadi dari luar Tuban terutama yang dari Jakarta dan Jawa Tengah yang masuk wilayah Jatim,” tambahnya.

Dalam emeriksaan sejumlah pengemudi dan juga para penumpang baik dari mobil pribadi maupun kendaraan angkutan umum, petugas mendapati seorang penumpang bus dari Bandung yang sedang hamil dan kondisinya lemas.
Ketika dilakukan pemeriksaan medis ternyata wanita hamil itu mabuk kendaraan.

Selanjutnya, dilakukan penanganan medis oleh tim kesehatan yang ada di posko terpadu. Sedangkan dari pemeriksaan para sopir dan juga penumpang kendaraan, petugas tidak menemukan sopir maupun penumpang yang suhu badannya panas tinggi.

“Hasil sementara masih nihil, jadi pada kegiatan ini selain memeriksa penumpang dan pengemudi kita juga melakukan penyemprotan disinfektan kendaraan. Kegaiatan seperti ini akan terus kita lakukan sampai dengan ada perubahan lebih lanjut, nanti akan kita tempatkan petugas di posko ini,” pungkasnya. [mut/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar