Hukum & Kriminal

Polres Sumenep Musnahkan Puluhan Knalpot Brong

Sumenep (beritajatim.com) – Polres Sumenep melakukan pemusnahan 71 knalpot brong sepeda motor yang disita sejak beberapa waktu lalu.

“Sepeda motor yang diketahui menggunakan onderdil tidak sesuai spesifikasinya termasuk knalpot brong, kami tilang, kemudian knalpotnya kami sita,” kata Kapolres Sumenep, AKBP Deddy Supriadi, Senin (30/12/2019).

Ia mengungkapan razia terhadap sepeda motor yang menggunakan knalpot brong tersebut gencar dilakukan sejak pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2019. “Ada 71 unit knalpot brong yang sudah kami sita dari berbagai sepeda motor yang terjaring operasi di wilayah Kota Sumenepz” ujar Deddy.

Menurutnya, penggunaan knalpot brong harus dihentikan karena memunculkan catatan buruk di masyarakat, yakni kebisingan dan kegaduhan. “Memang bising sekali suaranya kalau sepeda motor pakai knalpot brong itu lewat. Yang mau istirahat jadi terganggu. Pengguna jalan di sekitarnya juga terganggu. Ini sudah dikategorikan mengganggu Kamtibmas,” paparnya.

Pemusnahan terhadap 71 knalpot brong tersebut dilakukan dengan cara dipotong. Kapolres dan Wakapolres Sumenep sempat melakukan sendiri upaya pemotongan knalpot brong menggunakan mesin. “Razia terhadap knalpot brong ini akan terus kami lakukan. Harapannya, di malam tahun baru besok, sudah tidak ada lagi sepeda motor yang melintas menggunakan knalpot brong,” tandas Deddy. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar