Hukum & Kriminal

Polres Sumenep Minta Masyarakat Tak Salat Idul Fitri di Lapangan

Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti (foto: Temmy)

Sumenep (beritajatim.com) – Polres Sumenep mengimbau umat muslim di Sumenep untuk tidak melakukan salat Idul Fitri di lapangan. Salat Idul Fitri bisa dilakukan di masjid-masjid.

“Kami tidak ingin ada kerumunan. Kalau di lapangan ini kan sangat mencolok. Sekarang ini masih masa pandemi. Jadi sebaiknya salat Idul Fitri dilakukan di masjid-masjid,” kata Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti, Rabu (12/05/2021).

Ia menjelaskan, imbauan agar salat Ied tidak dilakukan di lapangan sudah jauh-jauh hari disosialisasikan. Bahkan pimpinan Polres juga telah beberapa kali turun langsung mensosialisasikan imbauan tersebut.

“Sudah ada beberapa takmir yang datang pada kami dan menyampaikan bahwa salat Ied di tempatnya yang biasanya digelar di lapangan, kali ini digelar di masjid,” ujarnya.

Ia mengaku telah menempuh berbagai cara persuasif kepada para tokoh agama terkait imbauan tersebut. Pihaknya mengaku harus sangat hati-hati karena ini menyangkut soal ibadah. “Jangan sampai kami dikira melarang orang salat Ied. Bukan. Kami hanya mengimbau agar salat dilakukan di masjid, tidak di lapangan,” ucapnya hati-hati.

Ketika ditanya bagaimana apabila besok ternyata masih ada masyarakat yang menggelar salat Idul Fitri di lapangan? Widiarti mengaku akan melihat situasi dan kondisi di lokasi.

“Yang jelas kami tetap mengarahkan untuk mematuhi protokol kesehatan. Harus pakai masker. Karena itu, anggota yang ngepam dibekali masker yang akan dibagikan kepada para jemaah. Selain itu, para jemaah juga diminta untuk menjaga jarak,” paparnya. (tem/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar