Hukum & Kriminal

Polres Probolinggo Kota Bekuk Pembobol ATM

Kapolres Probolinggo, AKBP  Ambaryadi Wijaya, dalam pers rilis Senin (30/9/2019)

Probolinggo (beritajatim.com) – Rusli (36) salah satu dari komplotan pembobol Anjungan Tunai Mandiri (ATM) antar kota, berhasil dibekuk Tim Sabhara dan Satuan Reskrim Polres Probolinggo Kota.

Kapolres Probolinggo, AKBP  Ambaryadi Wijaya, dalam pers rilis Senin (30/9/2019) sore mengatakan, warga Desa Banding, Kecamatan Bandar Negeri, Kebupaten Tenggamus, Provinsi Lampung itu, tertangkap saat berusaha melakukan pembobolan ATM di JL. A. Yani, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Minggu (29/9/2019) sore. “Dari tangan tersangka kita amankan uang Rp6.650.000. hasil kejahatan,” katanya.

Alat bukti lainnya, tambah perwira dua melati ini, antara lain dua buah obeng min, satu buah obeng pengait, satu set stopkontak dan  saklar yang sudah terangkai dengan kabel, dan satu unit mobil Ertiga warna merah marun metalik nopol F 1328 RS.

Dalam sepekan sebelum tertangkap, komplotan ini melancarkan aksinya di tiga daerah dengan sasaran sembilan ATM.  Masing-masing lima ATM di  Kota Probolinggo, dua ATM di Kabupaten Probolinggo dan dua ATM di Kabupaten Lumajang.

Nah saat beraksi di Kota Probolinggo, itulah gelagat pelaku mulai tercium teknisi sebuah bank. Mereka selanjutnya dikuntit lalu dilaporkan kepada petugas.

Dari pengakuan tersangka, selama beraksi selalu ditemani dua kawannya, Anton (40) dan Henry (40). Dalam berbagi tugas, Rusli, bertindak sebagai eksekutor, sementara dua lainnya bertindak sebagai pengawas di depan ATM dan memegang kemudi kendaraan.

“Kedua pelaku lainnya berhasil lolos. Doakan dalam waktu dekat mereka bisa segera kita tangkap,” tutup Kapolres Ambaryadi.

Kepada beritajatim.com Rusli, mengatakan, selalu mengincar ATM BNI. Nenurutnya, ATM BNI lebih mudah ia bobol dibanding ATM bank lain. “Selalu ATM BNI. Pernah coba kami bobol ATM Bank lain tapi sulit. Jadi target kami ATM BNI,” katanya seraya menjelaskan belajar membobol ATM lewat media sosial.

Untuk diketahui, tertangkapnya pelaku pembobol ATM kali ini adalah yang kedua di Kota Probolinggo. Sebelumnya pelaku dengan modus operandi yang sama berhasil dibekuk petugas saat beraksi di ATM BNI di kawasan PT Eratec Djaja. (Eko/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar