Hukum & Kriminal

Polres Ponorogo Sita 9 Ribu Butir Pil Dobel L

Ponorogo (beritajatim.com) – Satuan Reserse dan Narkoba Polres Ponorogo berhasil mengamankan barang bukti sebanyak 9 ribu butir pil dobel L. Barang bukti sebanyak itu merupakan hasil pengungkapan kasus dari 11 tersangka pada bulan Oktober ini.

“Jika diuangkan 9 ribu butir pil dobel L ini senilai Rp 100 juta,” kata Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto, Rabu (23/10/2019).

Barang yang tidak memenuhi standar kesehatan tersebut, sebagian dipasok dari daerah luar Ponorogo. Yakni dari daerah Kediri dan Tulungagung. Tangkapan dengan barang bukti sebanyak itu merupakan bentuk komitmen Polres Ponorogo dalam memerangi peredaran narkoba di wilayah bumi reyog. “Akan kami tindak tegas apabila terjadi penyalahgunaan narkoba di wilayah Ponorogo ini,” katanya.

Arief mengungkapkan pihaknya selama ini menyisir tempat-tempat hiburan, atau acara masyarakat yang rawan dari tindak penyalahgunaan narkoba. Selain tempat hiburan, sat narkoba juga melakukan penyelidikan di kalangan pelajar. “Kami antisipasi jangan sampai pil dobel L atau narkoba ini meracuni para pelajar,” ungkap Arief.

Beruntung, kata Arief barang bukti 9 ribu pil dobel L tersebut belum sampai beredar ke masyarakat, karena jika itu terjadi pasti dampaknya sangat berbahaya. Dia menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjauhi narkoba.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, 11 tersangka ini dijerat pasal 196 UU RI No.36 tahun 2009 tentang kesehatan. Yakni setiap orang dengan sengaja memproduksi atau menegedarkan sediaan farmasi yang tidak memenuhi standar atau persyaratan keamanan, khasiat atau kemanfaatan dipidana dengan pidana penjara.
“Dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara dan denda paling Rp 1 miliar,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar