Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Diduga akan Digunakan Balap Liar

Polres Ponorogo Amankan 50 Sepeda Motor

Puluhan kendaraan roda dua yang terkena razia polisi. (Foto/Humas Polres Ponorogo)

Ponorogo (beritajatim.com) – Meski memasuki bulan Ramadan, aksi trek-trekan dan balap liar masih terjadi di Ponorogo. Aksi yang membahayakan diri sendiri dan orang lain itu kerap dilakukan di Jalan kembar Suromenggolo Ponorogo.

Kegiatan itu berpotensi untuk mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Tak ingin itu terjadi dan tak ingin menodai masyarakat dalam beribadah di bulan Ramadan, jajaran Satuan Samapta Polres Ponorogo pada Minggu (10/4/2022) dini hari menggelar operasi penertiban balap liar.

“Kegiatan razia ini kami gelar dalam rangka pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas),” kata Kasat Samapta Polres Ponorogo, Iptu Agus Saiful Bahri, Minggu (10/4/2022) siang.

Saiful, panggilan akrab Iptu Agus Saiful Bahri mengatakan, razia itu dipimpinnya sendiri bersama 10 anggota. Dalam razia itu, petugas berhasil merazia 50 kendaraan roda dua, yang diduga akan digunakan untuk balap liar. “Ini kita lakukan semata-mata untuk terciptanya situasi yang kondisi kondusif di bulan Ramadan khususnya,” katanya.

Lebih lanjut, Saiful menjelaskan, razia dilakukan setelah adanya laporan atau pengaduan terkait aksi balap liar yang meresahkan warga sekitar ataupun pengguna jalan lain. Berangkat dari itu, juga ada dukungan dari warga sekitar, maka razia pada malam minggu itu langsung dilakukan. “Melalui perencanaan yang matang, petugas berhasil mengamankan sebanyak 50 kendaraan roda dua diduga untuk aksi balap liar,” ungkapnya.

Kebanyakan yang terjaring razia ini, adalah kalangan pemuda, dan rata-rata belum mempunyai SIM. Selain itu, kendaraannya pun tidak standar pabrik. Razia pun berlangsung kondusif tidak ada kericuhan. Barang bukti 50 kendaraan roda dua serta pemiliknya langsung digiring petugas ke Mapolres Ponorogo guna pemeriksaan lebih lanjut.

“Ada 50 kendaraan roda dua yang diamankan beserta pemiliknya. Dimana pemilik sepeda motor tersebut, sedang melakukan pemeriksaan,” pungkasnya. [end/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar