Hukum & Kriminal

Polres Pamekasan Launching ‘Arek Lancor Cyber Police’

Pamekasan (beritajatim.com) – Program berbasis online dalam bentuk aplikasi ‘Arek Lancor Cyber Police‘ milik Polres Pamekasan, resmi di-launching di halaman Mapolres Pamekasan, Jl Stadion 81, Sabtu (2/3/2019).

Proses launching ditandai dengan pelepasan balon oleh Kapolres Pamekasan, AKBP Teguh Wibowo bersama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat, Bahrun didampingi jajaran perwira di lingkungan korp baju cokelat.

“Sebenarnya aplikasi ini sudah ada sejak setahun lalu, tapi kita ganti nama yang lebih familiar bagi masyarakat Pamekasan. Sehingga masyarakat mudah mengingat sekaligus memanfaatkan aplikasi ini,” kata Kapolres Pamekasan, AKBP Teguh Wibowo.

Keberadaan aplikasi berbasis online dinilai sebagai sebuah keniscayaan di era digital seperti saat ini, tidak terkecuali bagi institusi kepolisian yang juga melakukan inovasi demi meningkatkan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat khususnya di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

“Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang mudah dan cepat bagi masyarakat. Sebab semua pelayanan terkait kepolisian Polres Pamekasan ada disini, mulai dari (pelayanan) SIM, STNK, SKCK, Laporan Hilang hingga Laporan Pidana,” ungkapnya.

Bahkan aplikasi tersebut juga dilengkapi dengan tombol panik (panic botton) jika masyarakat membutuhkan polisi dalam berbagai persoalan. “Bila membutuhkan bantuan dan kehadiran Polri secepatnya, juga bisa langsung menekan tombol panik yang sudah tersedia di aplikasi,” sambung Teguh.

“Jadi tidak hanya sebatas layanan administrasi, juga ada layanan informasi cepat seputar adanya gangguan ketertiban dan keamanan masyarakat. Intinya aplikasi ini melayani bidang administrasi yang berkenaan dengan kepolisian,” jelasnya.

Dari itu pihaknya mengimbau masyarakat agar menginstal aplikasi yang terbilang cukup sederhana dalam mengoperasikan. “Silahkan di instal agar kami bisa memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada anda,” pungkasnya. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar