Hukum & Kriminal

Polres Pamekasan Ajak Masyarakat Cegah Banjir

Pamekasan (beritajatim.com) – Kapolres Pamekasan AKBP Djoko Lestari mengeluarkan imbauan kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama mencegah bencana banjir melalui program ‘Polres Pamekasan Peduli Bencana Banjir’.

Imbauan tersebut ditandai melalui pemasangan banner oleh seluruh Polsek Jajaran yang tersebar di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan, sekaligus sebagai tindak lanjut dari program ‘Polri Peduli Penghijauan’ yang dilaksanakan secara simbolis di kompleks Mapolres Pamekasan, Jl Stadion 81, Jumat (3/1/2020) lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres AKBP Djoko Lestari diwakili Waka Polres Pamekasan, Kompol Kurniawan Wulandono bersama sejumlah pejabat utama melakukan penanaman aksi tanam pohon sebagai bentuk peduli lingkungan sekaligus pencegahan terhadap berbagai jenis bencana alam.

“Imbauan itu merupakan tindak lanjut dari program sebelumnya yang digelar di Mapolres, sekaligus sebagai bentuk kepedulian dan pencegahan Polri terhadap berbagai ancaman bencana alam. Khususnya bencana banjir,” kata Kapolres Pamekasan, melalui Kasubag Humas AKP Nining Dyah, Kamis (9/1/2020).

Pada imbauan tersebut, sedikitnya lima poin penting dijadikan sebagai prioritas untuk mencegah bencana banjir. Masing-masing menjaga lingkungan sekitar, melakukan program tebang pilih dan reboisasi, membuat sumur serapan, menghindari pembangunan rumah di pinggir sungai, serta rutin membersihkan saluran air.

“Memang fenomena banjir di Pamekasan hanya terjadi di satu dua titik, di antaranya di wilayah Kota dan Pademawu. Tetapi himbauan seperti ini merupakan salah satu upaya dan bentuk pencegahan terhadap bencana banjir di Kabupaten Pamekasan,” ungkapnya.

Tidak kalah penting, pihaknya mengeluarkan imbauan tersebut salah satunya karena instansi korps baju coklat juga tercatat sebagai instansi yang tergabung dalam Tim Tanggap Darurat Bencana Daerah di Kabupaten Pamekasan. “Jadi hal ini merupakan komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” pungkasnya. [pin/suf]






Apa Reaksi Anda?

Komentar