Hukum & Kriminal

Polres Mojokerto Tutup Tambang Galian C, 2 Alat Berat Disita

foto/ilustrasi

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebanyak dua alat berat diamankan anggota Satreskrim Polres Mojokerto pada Selasa (19/11/2019). Kedua alat berat tersebut diamankan dari sebuah galian C di Desa Wonoploso, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto.

Galian C yang digerebek petugas tersebut merupakan milik DI (57) warga asal Desa Ploso, Kabupaten Nganjuk. Petugas melakukan penggrebekan dan mengamankan dua alat berat dari lokasi tambang sekitar pukul 11.30 WIB. Dari keterangan warga, galian C yang berlokasi di lereng bukit Juwet Semu tersebut sudah beraktifitas tiga bulan lebih.

“Aktifitasnya lumayan lama, sekitar tiga bulan lebih. Tapi saat kemarin petugas datang kesini, sudah berhenti beroperasi,” ungkap salah satu warga, AD, Jumat (22/11/2019).

Hanya ada dua alat berat, lanjut AD, sehingga petugas langsung mengamankan. Warga mengaku khawatir jika aktivitas penambangan diteruskan, karena bahaya longsor mengancam warga. Warga menduga, pengerebekan yang dilakukan petugas terkait dugaan pemalsuan izin tambang.

Kapolsek Gondang, AKP Purnomo mengaku, tidak dilibatkan dalam proses pengerebekan yang dilakukan oleh Polres Mojokerto. “Itu (pengerebekan, red) langsung Polres yang menanggani, kita tidak dilibatkan,” tegasnya.

Belum ada keterangan resmi dari Kasatreskrim Polres Mojokerto AKP Dewa Yoga terkait penggerebekan pada, Selasa (19/11/2019) itu. Pasca pengrebekan, petugas memasang garis polisi mulai akses masuk galian hingga dua alat berat berupa ekskavator. [tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar