Hukum & Kriminal

Polres Mojokerto Kota Ungkap Home Industri Kosmetik Ilegal

Mojokerto (beritajatim.com) – Anggota Satnarkoba Polres Mojokerto Kota berhasil mengungkap home industri kosmetik ilegal. Sebanyak 19 jenis cream dihasilkan dari tersangka Rahajeng Ratnasari (29) dari rumahnya di Lingkungan Panggreman, Kelurahan Kranggan, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto.

Kapolres Mojokerto Kota, AKBP Sigit Dany Setiono mengatakan, Polres Mojokerto Kota berhasil mengungkap kejahatan tindak pidana dengan modus penjualan kosmetik ilegal. “Pengungkapan sendiri dilakukan anggota Satnarkoba pada tanggal 5 Januari lalu,” ungkapnya, Senin (14/1/2019).

Masih kata Kapolresta, petugas mendapatkan informasi dari masyarakat jika di rumah tersangka di Lingkungan Panggreman, Kelurahan Kranggan, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto ada penjualan kosmetik tanpa izin edar. Dari informasi tersebut ditindaklanjuti petugas.

“Anggota Resnarkoba kemudian melakukan penyelidikan dan benar dari rumah tersangka R telah menjual kosmetik yang diduga tanpa izin edar sehingga dilakukan pengrebekan. Di dalam rumah R ditemukan banyak kosmetik tanpa izin edar. Ada sebanyak 350 botol dari 19 jenis cream yang diamankan,” katanya.

Ratusan produk kosmetik tanpa izin edar dari rumah tersangka diamankan ke Mapolres Mojokerto Kota guna penyelidikan lebih lanjut. Tersangka sendiri dijerat Pasal 197 sub Pasal 196 UU RI No 36 Tahun 2018 tentang Kesehatan atau Pasal 62 ayat 1 Jo Pasal 8 ayat 1 dan Pasal 9 ayat 1 UU RI No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.[tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar