Hukum & Kriminal

Polres Mojokerto Amankan Tiga Unit Truk Pengangkut Limbah B3

Kasat Reskrim Polres Mojokerto, AKP Dewa Putu Prima.

Mojokerto (beritajatim.com) – Tiga buah dump truk diamankan Polres Mojokerto. Diduga ketiga dump truk tersebut digunakan untuk membuang limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di Dusun Kecapangan, Desa Watesnegoro, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto berupa bubuk kertas atau slug.

Ketiga dump truk yang diamankan tersebut bernomor polisi T 9750 DA, T 9772 DC dan T 9602 DB. Ketiganya diparkir di depan Mapolres Mojokerto guna penyelidikan lebih lanjut. Kasat Reskrim Polres Mojokerto AKP Dewa Putu Prima membenarkan adanya kasus tersebut.

“Memang benar, kami mengamankan tiga truk pengangkut limbah. Awalnya, warga menolak memberikan truk kepada kami. Setelah kami memberikan pengertian bahwa untuk proses penyelidikan, tiga dump truk tersebut harus kita amankan,” ungkapnya, Rabu (18/12/2019).

Masih kata Kasat, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto terkait dugaan limbah B3 yang dibuang di bekas galian di Dusun Kecapangan, Desa Watesnegoro, Kecamatan Ngoro, tersebut.

“Untuk barang bukti limbah, kami koordinasi dengan DLH. Limbah tersebut berupa bubur kertas atau slug. Ketiga dump truk tersebut digunakan untuk mengangkut, lalu membuangnya di bekas galian. Di TKP secara kasat mata terlihat limbah B3, untuk hasil masih menunggu DLH untuk tindak lanjutnya,” kata Dewa.

Selain mengamankan tiga dump truk, polisi masih memeriksa ketiga sopir dan mendalami asal limbah yang diduga dari luar wilayah Mojokerto tersebut. “Kami masih memeriksa tiga sopir dump truk, untuk manajemen pemilik armada maupun perusahaan pengolah limbah belum diperiksa. Informasinya dari luar (Mojokerto), tapi kami pastikan lagi penyidikan lebih lanjut,” tegasnya. [tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar