Hukum & Kriminal

Cegah Corona

Polres Malang Rilis Pelaku Jambret Lewat Live Streaming

Malang (beritajatim.com) – Mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Malang yang masuk zona merah, Satuan Reserse Kriminal Polres Malang mulai memanfaatkan tekhnologi informasi.

Salah satunya, merilis hasil ungkap kejahatan jalanan melalui live video streaming youtube. Lewat chanel Polres Malang Official, petugas membeberkan penangkapan seorang pelaku jambret yang dilumpuhkan kakinya lantaran melawan.

Rilis live streaming dipaparkan secara gamblang Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Malang, AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo, Jumat (27/3/2020) petang. Rilis dilakukan di Ruang Rupatama Mapolres Malang di Jalan Ahmad Yani Nomer 1 Kepanjen.

Melalui video streaming secara langsung tersebut, Kasatreskrim juga membuka pertanyaan bagi jurnalis yang tidak bisa bertatap muka akibat Social dan Physical Distancing untuk mencegah penyebaran virus corona lewat kolom komentar.

“Mengingat kita sedang dalam keadaan berduka, kita sedang bersama-sama melawan virus corona, kita terapkan sistem yang tidak bersentuhan secara langsung. Seminimal mungkin kita menjaga jarak, selama kami melaksanakan tugas,” kata Andaru, Jumat (27/3/2020).

Menurut Andaru, rilis live streaming ini sebagai wujud kepatuhan Polres Malang dan para jurnalis di Kabupaten Malang dalam menerapkan physical distancing serta menghindari kerumunan demi memutus rantai penyebaran Covid-19.

Andaru menambahkan, terkait jumpa pers secara daring ini sudah diatur dalam maklumat Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz serta surat edaran Ombudsman. “Pers rilis bisa dilakukan secara live streaming. Tanpa harus mengumpulkan massa yang banyak. Itu salah satu upaya kami untuk mendukung penghentian penyebaran corona,” ungkap mantan Kasat Reskrim Polres Gresik ini.

Masih kata Andaru, tersangka jambret atas nama Zainul Masduki (28), warga Desa Karangrejo, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang. “Barang bukti yang kami sita berupa satu potongan kalung emas, kwitansi pembelian kalung emas, satu motor suzuki Satria nopol N 6653 TCK, serta jaket hitam,” kata Andaru.

“Kemudian bukti kaos abu-abu dan celana warna biru milik tersangka. Pelaku naik motor Tiger dan Suzuki Satria, beraksi di Jalan Raya Kromengan. Saat itu korban dua orang wanita sedang berboncengan. Di tempat sepi korban dipepet dan kalungnya ditarik pelaku,” sambungnya.

Andaru menambahkan, di tengah mewabahnya virus corona, pihaknya dan seluruh anggota Satreskrim Polres Malang tetap bekerja seperti biasa. Termasuk mengantisipasi kejahatan jalanan di Kabupaten Malang semaksimal mungkin.

“Kami tetap bekerja seperti biasa. Anggota kami tetap menjaga situasi Kamtibmas. Kasus-kasus kejahatan jalanan, tetap kita jadikan atensi agar dilakukan tindakan tegas,” pungkas Andaru. [yog/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar