Hukum & Kriminal

Polres Malang: Peran Satpam Masih Sangat Penting

Malang (beritajatim.com) – Kepolisian Resor Malang menilai peran satuan pengamanan atau Satpam sangat penting untuk mendukung serta membantu tugas kepolisian.

Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung melalui Kasat Binmas Polres Malang, AKP Nunung Anggraeni mengatakan, selama ini pihaknya selalu aktif memberikan pembinaan kepada para Satpam yang ada di wilayahnya.

“Kita rutin mengadakan pelatihan. Sekaligus memberikan pembinaan tentang ketangkasan saat mereka (Satpam) menghadapi ancaman di lingkungan mereka. Tetap dilatih borgol, beladiri tongkat, ketrampilan itu, paling tidak sebulan sekali, termasuk PBB. Itu kan kesiapsiagaan dan ketangkasan,” terang Nunung, usai peringatan HUT Satpam ke-39 di Lapangan Satya Haprabu Mapolres Malang, Rabu (22/1/2020).

AKP Nunung melanjutkan, kewenangan Satpam memang tidak seperti polisi. Namun, Satpam juga memiliki sumbangsih besar dalam menjaga kondusifitas lingkungan secara langsung.

“Satpam itu kan mitra Polri, sehingga ke depan yang sudah menjadi bagian kita, tetap kita bina untuk membantu tugas kepolisian. Karena Satpam itu memiliki kewenangan terbatas di lingkungannya, tidak seperti polisi,” ujar mantan Kasat Binmas Polresta Malang Kota ini.

Terakhir, Nunung mengimbau kepada para Satpam yang ada di wilayahnya agar melaksanakan tugas dengan maksimal. Serta terus membantu tugas kepolisian dalam menjaga kondusifitas wilayah.

“Imbauannya, agar tetap melaksanakan tugas semaksimal mungkin sesuai dengan porsinya. Harapannya, Satpam bisa terus membantu menjaga kondusifitas wilayah Kabupaten Malang,” pungkasnya.

Dalam peringatan HUT ke-39 itu sendiri, ada 500 perwakilan Satpam dari perusahaan seluruh Kabupaten Malang yang terlibat. Hadir juga Bupati Malang, HM Sanusi, Dandim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu, Letkol Inf Ferry Muzawwad. Serta para pejabat utama Polres Malang dan juga stakeholder terkait. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar