Hukum & Kriminal

Polres Madiun Amankan Belasan Penerbang Balon Udara

Kasat Reskrim Polres Madiun AKP Ryan Wira Raja Pratama saat ungkap kasus di Mapolres Setempat, Selasa (18/5/2021). (Foto/Dok.Polres Madiun)

Madiun (beritajatim.com) – Satreskrim Polres Madiun berhasil mengamankan 17 orang yang menerbangkan balon udara dipasangi petasan di area hutan Jatilawang, Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jumat (14/5/2021) saat H+2 Lebaran Idul Fitri 1422 H.

“Mereka saat ditanya petugas berdalih untuk tradisi dan memeriahkan perayaan lebaran,” kata Kasat Reskrim Polres Madiun AKP Ryan Wira Raja Pratama saat ungkap kasus di Mapolres setempat, Selasa (18/5/2021).

Dia menambahkan, seluruh pelaku berhasil diamankan setelah pihaknya menelusuri video yang viral di media sosial sesuai lebaran. “Kita telusuri lalu mencocokkan wajah mereka dengan video yang viral dan akhirnya kami berhasil mengamankan 17 pelaku tersebut,” ungkapnya.

Pihaknya telah menyita tiga balon udara dengan berbagai ukuran. Bahkan, ada yang berukuran sebesar 20 meter. Padahal, pihaknya sudah melarang penerbangan balon udara karena memang dilarang undang-undang dan sangat berbahaya.

“Menerbangkan balon udara melanggar undang-undang tentang Penerbangan dan sangat berbahaya apalagi jika jatuh di tempat umum,” tegas Kasat Reskrim Polres Madiun.

Akibat perbuatannya para pelaku ini akan dijerat dengan Pasal 411 UU RI No. 01 tahun 2009 tentang Penerbangan dengan sanksi pidana penjara selama-lamanya dua tahun atau denda sebanyak-banyaknya Rp500 juta. [asg/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar