Hukum & Kriminal

Polres Lumajang Tangkap Pembuat dan Pembeli Bahan Bondet

Lumajang (beritajatim.com) – Satreskrim Polres Lumajang mengamankan pembuat dan pembeli bahan misiu (bahan peledak) untuk merakit bondet warga Desa Kalipenggung Kecamatan Randuagung. Adalah Sunarto (49), pembuat bahan peledak yang tergiur untuk dijual pada pembeli.

Informasi dihimpun di Mapolres Lumajang, Selasa (21/7/2020), terungkapnya kasus pembuatan bahan peledak untuk mercon dan bondet itu bermula dari Sutar (63). Saat itu, petugas sedang melakukan operasi, mendapati Sutar menyimpan bondet untuk keliling kampung.

“Kita amankan keduanya karena sangat berbahaya membuat dan menyimpan bahan peledak,” ujar Kapolres Lumajang, AKBP Deddy Foury Millewa pada wartawan.

Masih kata dia, meskipun dalihnya untuk membuat mercon dan dibakar saat lebaran, namun ada penyalahgunaan untuk dibuat menjadi bahan peledak bondet. “Bondet ini memiliki daya ledak dan bisa membunuh manusia,” paparnya.

Petugas berhasil mengamankan barang bukti dari tangan Sunarto yakni, belerang 31,8 kg, potasium 14,5 kg, Sumbu 27 ikat, Bubuk mercon 5 kg dengan 5 plastik, campuran areng serta bubuk 2 kg, kertas sumbu 2 kg, Tawas 1 kg, kantong plastik hitam 5 buah, kantong plastik putih 1 buah, arang 2 kg, drum kecil 1 buah, yakan kecil 2 ons dan 1 buah timbangan.

Akibat perbuatanya, kedua tersangka dijerat asal 1 ayat (1) UU Darurat No. 12 Tahun 1951 tentang kepemilikan barang peledak dengan ancaman 10 tahun penjara. (har/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar