Hukum & Kriminal

Polres Lumajang Cegah Penyebaran Covid-19 Pakai STFG

Lumajang (beritajatim.com) – Polres Lumajang menyiapkan sistem Tactical Floor Game (STFG). Hal itu untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran covid-19, mengingat kemungkinan kedatangan para pemudik di liburan Ramadan dan Lebaran. Simulasi disampaikan ke jajaran anggota di halaman Mapolres setempat, Selasa (7/4/2020).

“Kita siapkan model sistem pengamanakan kota dalam menscreening kedatangan pemudik dari kawasaan epidemi,” kata Kapolres Lumajang, AKBP Adewira Negara.

Lanjut dia, STFG disusun dan direncanakan agar para Ketua Satgas Keamanan dari Polri dan TNI memiliki kesamaan dalam mencegah penyebaran Covid-19. Mulai dari pendataan pendatang, karantina dan antisipasi konflik sosial. “Kita siapkan pengenalan wilayah, pembacaan karakteristik masyarakat dan proses penanganan,” jelasnya.

Sistem Pengamanan Kota (sispamkota) bisa diterapkan di desa dengan ujung tombak informan dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kodim 0821 Lumajang. Sistem koordinasi dengan aparat gabungan dan pemerintah daerah dalam mencegah penyebaran.

“Saat ini masyarakat mulai was-was dengan pendatang dan menyebarnya informasi hoax, ini harus jadi perhatian,” terang Adewira.

Langkah awal dilakukan Polri, TNI dan Dishub melakukan penyekatan jalur ramai lalu lintas dengan sistem kawasan Physical Distancing di Jl. Panglima Sudirman. Untuk screening pemudik akan dilakukan uji coba di pintu perbatasan Lumajang dengan kabupaten tetangga. [har/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar