Hukum & Kriminal

Polres Kediri Amankan 236 Sepeda Motor dari Arena Balap Liar

Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono memperlihatkan knalpot brong hasil Operasi PPKM

Kediri (beritajatim.com) – Guna mengindari kerumunan pemuda di kawasan Simpang Lima Gumul pada masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Polres Kediri menggelar razia. Selain untuk mencegah kerumunan, razia tersebut juga dilakukan guna mencegah balap liar.

Hasilnya didapati sejumlah pemuda yang diduga melanggar aturan PPKM, tentang larangan berkerumun, selain itu, petugas juga berhasil mengamankan ratusan kendaraan yang tidak sesuai standar, serta tidak dilengkapi surat yang terindikasi digunakan untuk balap liar.

Kapolres Kediri, AKBP Lukman Cahyono mengatakan “Sebanyak 236 motor ini disita Satlantas Polres Kediri dari arena balap liar di kawasan Simpang Lima Gumul kabupaten Kediri. Selain tidak memiliki kelengkapan surat, ratusan motor ini juga tidak sesuai standar”, ungkapnya, Selasa (2/2/2020).

Kapolres menambahkan, penyitaan ratusan kendaraan ini, dilakukan polisi pada malam Minggu dini hari lalu. Selain terindikasi akan menggelar balap liar, para remaja ini juga melanggar aturan PPKM tentang pelarangan berkerumun.

Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono memperlihatkan sepeda motor hasil razia PPKM

“Pada saat ini sudah diberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat dan tak ada kegiatan diatas jam 8 malam. Apalagi malah melakukan aktivitas balap liar yang menimbulkan potensi penularan Covid-19, dan meresahkan masyarakat,” ucap Kapolres Kediri AKBP. Lukman Cahyono

Untuk memberikan efek jera, ratusan kendaraan tersebut disita dan dilakukan penilangan. Selanjutnya para pengendara diperbolehkan mengambil sepeda motornya dengan membawa surat kendaraan dan melengkapi kelengkapan kendaraan.

Polres Kediri akan terus melakukan razia serupa untuk mencegah terjadinya kerumunan guna menekan penyebaran covid 19, tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan. [nm/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar