Hukum & Kriminal

Polres Jember Pasok Ratusan Kantong Darah

Jember (beritajatim.com) – Kepolisian Resor Jember, Jawa Timur, memasok 328 kantong darah ke Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia dalam dua kali kegiatan donor, Kamis (9/4/2020) dan Selasa (21/4/2020).

Ada 123 kantong yang dipasok pada kegiatan pertama dan 205 kantong pada kegiatan kedua. Saat donor kedua, ada 53 orang pendonor tertolak karena HB dan tensi darah terlalu rendah atau terlalu tinggi. “Ini untuk menjaga ketersediaan darah di PMI Kabupaten Jember di tengah krisis darah dampak Pandemi Covid-19,” kata Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki.

Selain diikuti personel polres, kegiatan ini diikuti masyarakat umum. Semua pendonor harus cuci tangan lebih dahulu, pakar masker, dan mengambil jarak satu meter antara satu orang dengan yang lainnya.

Selama pandemi Covid-19, jumlah pendonor yang datang ke UDD PMI dan kegiatan donor darah oleh mobil unit UDD berkurang. Jumlah pendonor turun drastis. “Kalau stok darah tipis, kasihan pasien-pasien di rumah sakit yang membutuhkan,” kata Zaenal. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar