Hukum & Kriminal

Polres Jember Ajukan Hibah Tanah untuk Relokasi Markas

Kepala Polres Jember Ajun Komisaris Besar Aris Supriyono

Jember (beritajatim.com) – Kepolisian Resor Jember, Jawa Timur, mengajukan permohonan hibah tanah untuk relokasi markas resor dan hibah tanah dan bangunan markas subsektor Ajung kepada pemerintah kabupaten dan DPRD setempat.

Polres Jember mengajukan permohonan hibah tanah pada 15 April 2020 di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, seluas 32.690 meter persegi untuk dibangun kantor resor. Permohonan hibah tanah tersebut merupakan salah satu syarat peningkatan status Kepolisian Resor Jember menjadi Kepolisian Resor Kota Besar Jember.

Sementara itu permohonan hibah tanah dan bangunan markas subsektor Ajung di Desa Ajung, Kecamatan Ajung, diajukan pada 31 Desember 2018. Selama ini tanah dan bangunan tersebut berstatus pinjam pakai. Hibah tersebut merupakan salah satu syarat untuk peningkatan status Kepolisian Subsektor Ajung menjadi Kepolisian Sektor Ajung.

Markas Polsubsektor Ajung dibangun dengan dana APBD Jember sebesar Rp 1,093 miliar di atas tiga bidang tanah dengan luas total 1.521 meter persegi. Identifikasi tanah dan bangunan itu dilakukan pada 19 Juni 2019 antara Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Jember bersama polres.

Kepala Polres Jember Ajun Komisaris Besar Aris Supriyono mengatakan, kondisi markas polres di Jalan Kartini, Kecamatan Kaliwates, saat ini kurang memadai. “Luas markas polres sendiri kurang untuk memberikan pelayanan terbaik. Banyak ruangan yang memang kurang, apalagi di tengah pandemi Covid-19 perlu ruangan lebih luas,” katanya, Rabu (15/7/2020).

Lokasi parkir juga tidak ideal. Warga yang memiliki kepentingan di mapolres harus memarkir kendaraan di bahu Jalan Kartini, sehingga memunculkan kemacetan. “Itu sering dikomplain warga sekitar. Belum lagi saat anak sekolah masuk, kemacetan luar biasa. Itulah kenapa kami mengajukan permohonan ke pemerintahan daerah Jember,” kata Aris. Sementara untuk Polsubsektor Ajung tinggal menunggu pengesahan.

Namun Aris belum tahu kapan markas polres yang baru akan dibangun. “Kami belum bisa memastikan karena terkait kebijakan pimpinan di atas. Yang penting kami mempersiapkan,” katanya. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar