Hukum & Kriminal

Polres Gresik Sosialisasikan Physical Distancing di Kawasan Industri

Gresik (beritajatim.com) – Kepolisian Resort (Polres Gresik) mensosialisasikan pemberlakuan ‘Physical Distancing’ di kawasan industri. Langkah ini diambil setelah Kabupaten Gresik, dinyatakan sebagai kawasan zona merah imbas merebaknya virus Covid-19.

Salah satu kawasan industri yang dijadikan contoh, atau role model adalah PT Karunia Alam Segar (KAS) perusahaan Wings Group yang memproduksi minuman, dan makanan yang berada di Jalan Raya Sukomulyo Tenger Manyar, Gresik.

Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo bersama jajarannya, turun langsung melihat physical distancing di perusahaan yang memiliki 16 ribu karyawan.

“Perusahaan yang kami datangi ini sudah memberlakukan physical distancing bagi karyawannya. Sebab, saat masuk ke pabrik ada empat jalur yang dibuat, dan diberi garis putih sejauh 1 meter. Sehingga, tidak berdesak-desakan,” ujar AKBP Kusworo Wibowo, Rabu (1/04/2020).

Selain membuat empat jalur. Manajemen perusahaan setempat juga melakukan protap pengukuran suhu tubuh, bagi setiap karyawan yang masuk dengan alat thermo gun.

“Apabil suhu tubuh tinggi diatas 38 celsius. Maka langsung diantar ke rumah sakit rujukan untuk penangan lebih lanjut,” ungkap Kusworo Wibowo.

Jika karyawan suhu tubuhnya normal, ada pengecekan lagi. Yakni, kedua telapak tangan disemprot disinfektan serta hand sanitizer oleh petugas.

Terkait dengan pemberlakuan physical distancing. General Manager Affair PT KAS Peter Sindaru menuturkan, pihaknya sudah melakukan ini jauh hari sebelumnya.

“Kami sudah menjalanlan aturan pemerintah. Bahkan, untuk mengisi absensi dengan sidik jari diberi garis pembatas berjarak 1 meter dan tidak berdesak-desakan,” paparnya.

Ia menambahkan, setiap karyawan yang masuk kerja diberi masker untuk melindungi droplet (air liur yang keluar) sebagai media dari virus.

“Di lingkungan pabrik selama bekerja pun para pekerja diberikan pemahaman agar selalu menjaga jarak physical distancing sejauh 1 meter,” imbuhnya. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar