Hukum & Kriminal

Polres Gresik Siapkan 49 Desa/Kelurahan Sebagai Pilot Project Kampung Tangguh

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto

Polres Gresik Siapkan 49 Desa/Kelurahan Sebagai Pilot Project Kampung Tangguh

Gresik (beritajatim.com) – Kepolisian Resort (Polres) Gresik telah menyiapkan 49 desa dan kelurahan sebagai pilot project kampung tangguh yang tersebar di 17 kecamatan. Dari jumlah tersebut, setiap kecamatan ada tiga desa/kelurahan yang akan dijadikan pilot project di wilayah hukum Polres Gresik.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto mengatakan, keberadaan kampung tangguh memiliki manfaat yang sangat baik dalam membentuk kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi Pandemi Covid-19.

“Sebelumnya ada dua desa yang telah dijadikan role model kampung tangguh. Kedepan nantinya ada 49 desa dan kelurahan yang kami siapkan sebagai pilot project-nya. Semua desa itu tersebar di 17 kecamatan kecuali kecamatan Sangkapura di Pulau Bawean,” katanya saat dihubungi beritajatim.com, Senin (1/06/2020).

Masih menurut Arif Fitrianto, terkait dengan ini. Polres bersama-sama dengan Pemkab Gresik, serta Kodim 0817 akan terus mendorong masyarakat untuk terus mengembangkan kampung tangguh. Pasalnya, adanya kampung tangguh tersebut tidak hanya berfungsi menangani penanggulangan Covid-19 saja. Tapi, juga bisa dijadikan pengamanan di lingkungannya masing-masing.

“Keberadaan kampung tangguh ini memiliki dua fungsi sebagai penanganan Covid-19 di desa atau kelurahan juga sekaligus untuk pengamanan warga di lingkungannya,” ujarnya.

Saat ditanya pemberlakuan new normal di tujuh sektor yang dijadikan simulasi oleh Pemkab Gresik. Dijelaskan AKBP Arief Fitrianto, pihaknya akan mem-back up apa yang digagas oleh Pemkab Gresik. “Intinya kami mem-back up terkait pemberlakuan new normal di wilayah Gresik tentunya tetap mengkedepan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Seperti diberitakan, Pemkab Gresik telah menyiapkan simulasi new normal di tengah pandemi Covid-19 pada tujuh sektor. Ketujuh sektor itu antara lain, pasar tradisional, pasar modern, Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Gresik, Wisata Setigi, restoran, hotel, dan transpotasi umum. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar