Hukum & Kriminal

Polres Banyuwangi Tangkap Pedofil Asal Australia

Banyuwangi (beritajatim.com) – Warga Negara Asing (WNA) pelaku pedofilia asal Australia ditangkap Satuan Polisi Resort Banyuwangi usai melakukan aksinya terhadap seorang bocah. Kasus ini terungkap setelah orang tua korban melaporkan kejadian ini ke Mapolres setempat.

“Polres Banyuwangi memang baru saja mengungkap kasus diduga pelecehan seksual yang dilakukan oleh WNA yang memang sedang liburan di Banyuwangi. Dan ini terjadi berulang kali terhadap anak di bawah umur,” kata Wakapolres Banyuwangi Kompol Andy Yudha Pranata Siboro, Rabu (28/8/2019).

Saat ini, kata Andy, pihaknya telah melakukan penahanan dan terbukti pelaku yang tinggal di Kecamatan Rogojampi ini mengalami kelainan seks. Di depan petugas, turis yang telah berulang kali berlibur di Banyuwangi ini mengakui semua perbuatannya.

“Ini terungkap setelah orang tua korban melaporkan ke polisi. Karena ada pembengkakkan di bagian vital korban. Dan bukti sudah lengkap, dan itu membuktikan bahwa dia suspect. Yang bersangkutan cukup koperatif mengakui kesalahan apa saja yang dilakukan. Kami juga telah melakukan komunikasi dengan Konjen Australia dan kuasa hukumnya terkait kasus yang menjeratnya ini,” katanya.

Polisi juga masih terus melakukan pengembangan untuk mencari kemungkinan korban lainnya. Mengingat pelaku menyasar anak-anak di bawah umur. Seperti korban berinisial ME yang masih berusia 15 tahun. “Korban ditangani oleh Unit PPA karena melibatkan anak di bawah umur. Korban juga masih dilakukan penguatan mental,” jelasnya.

Pelaku dijerat undang 35 thun 2014, perubahan dari uu no 23 2002 tentang perlindangan anak dan pasal 82 ayat 1
Junto 78 huruf E dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. [kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar