Hukum & Kriminal

Polisi Tertibkan Kerumunan Antrean Penerima Bantuan Sosial di Jember

Pengambilan bantuan di Bank Jatim ditertibkan polisi

Jember (beritajatim.com) – Aparat Kepolisian Resor Jember, Jawa Timur, menertibkan kerumunan antrean penerima bantuan sosial di Bank Jatim, Kamis (14/5/2020). Polisi meminta agar protokol Covid-19 dipatuhi warga.

Antrean membludak karena sejumlah bantuan sosial atau insentif dari pemerintah ini terealisasi dalam waktu bersamaan. Warga yang mengantre ini hendak mengambil insentif dari pemerintah, mulai dari pengurus rukun tetangga dan rukun warga, kader posyandu, mahasiswa, sampai guru tidak tetap (GTT). “Kalau GTT cuma disuruh print out (tanpa pengambilan uang), karena pengumpulan print out terakhir pada Sabtu besok,” kata Nurul, warga Kecamatan Patrang.

Nurul mengatakan, sejak pagi antrean padat. “Yang antre di luar tidak boleh, karena jaga jarak. Akhirnya, setiap sepuluh orang pengantre disuruh masuk ke dalam bank. Di dalam, karena menggerombolnya lebih banyak, akhirnya ada bapak polisi, (kerumunan) dibubarkan. Yang di dalam disuruh jaga jarak, yang di luar disuruh berpencar,” katanya.

Juheri, warga lainnya, mendapat kabar bahwa beasiswa perguruan tinggi sudah cair. “Tadi saya datang jam sembilan pagi. Ramai, tapi ditutup. Saya mau pulang. Warga yang mau ambil dibatasi seratus orang,” katanya.

Kepala Kepolisian Sektor Patrang Inspektur Satu Sholikin Agus Wijaya mengatakan, pihaknya mengantisipasi agar tak terjadi penularan Covid-19. “Memang terjadi antrean, karena jumlah yang terealisasi banyak, selain ada masyarakat yang mau menabung,” katanya.

Agus meminta agar pelayanan dipercepat. “Ini untuk menghindari penumpukan massa dan antrean panjang,” katanya. [wir/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar