Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Polisi Ringkus Pencuri Motor Spesialis Masjid di Lamongan

M Afandi pelaku curanmor di 5 tempat, di Lamongan.

Lamongan (beritajatim.com) – Tim Jaka Tingkir Sat Reskrim Polres Lamongan berhasil menangkap spesialis pelaku pencurian kendaraan bermotor di parkiran Masjid, Jumat (14/1/2022). Bahkan, pelaku mengaku telah mencuri di 5 masjid yang berbeda.

Kasat Reskrim Polres Lamongan, AKP Yoan Septi Hendri mengatakan bahwa pelaku yang bernama M Afandi (20), asal warga Rancang Kencono Kecamatan/Kabupaten Lamongan ini dibekuk saat hendak mentransaksikan motor curiannya dengan seorang pembeli.

“Pelaku kita tangkap dini hari tadi, ketika hendak bertransaksi menjual sepeda motor hasil kejahatan kepada pembeli,” kata AKP Yoan, saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (14/1/2022).

Pelaku diketahui melakukan aksi pencurian motor milik korban bernama Sriono (55) di parkiran Masjid, Dusun Miring, Desa Banjarrejo, Kecamatan Sukodadi, pada 6 hari sebelumnya, tepatnya pada Minggu (9/1/2022).

Waktu itu, korban berangkat ke masjid dengan menaiki sepeda motor Honda Supra Fit nopol S 2022 KS untuk jamaah salat subuh. Usai memarkir dan mengunci setir motornya, ia lalu masuk masjid.

Namun, usai jamaah salat subuh, korban yang seorang takmir masjid ini kaget mendapati sepeda motornya telah raib dari tempatnya semula. “Padahal sudah saya kunci,” ujar korban kepada polisi.

Mengetahui kendaraanya telah dicuri, korban berusaha mencari tahu dan menanyakan pada warga sekitar masjid. Namun, tak satupun yang mengetahui jejak pelakunya. Akhirnya, korban segera melaporkannya ke polisi.

Mendapat laporan tersebut, Tim Jaka Tingkir kemudian gerak cepat dan melakukan penyelidikan. Setelah berjalan 6 hari, penyelidikan berbuah manis, dan polisi berhasil mengantongi identitas pencuri.

Tak hanya itu, sejak Kamis (14/1/2022), sekira pukul 20.00 WIB, pihak kepolisian telah mendapatkan informasi jika pelaku akan mentransaksikan motor hasil curiannya dengan calon pembeli.

Tak ingin kehilangan jejak pelaku, polisi pun memburunya di tempat yang rencananya dijadikan transaksi. Setelah menunggu berjam-jam, akhirnya polisi berhasil meringkus pelaku yang dimaksud, pada Jumat (14/1/2022) dini hari.

“Tersangka mengaku, jika motor yang hendak dijual itu adalah hasil kejahatannya di Sukodadi,” terang AKP Yoan.

Selain pelaku, polisi juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa 4 unit sepeda motor dari tangan pelaku, berupa Honda Supra Fit, Astrea Grand, Supra X dan Honda Beat.

“Dari hasil pemeriksaan yang kami lakukan, tersangka tidak hanya melakukan pencurian motor sekali ini saja, namun sudah di 5 lokasi,” imbuhnya.

Adapun 5 lokasi itu di antaranya di Masjid Dusun Mireng Desa Banjarejo, Masjid Dusun Plalangan Desa Plosowahyu, lalu Dusun Plandi Desa Sumberejo, Dusun Bogo Desa Gemining, serta di Dusun Pilangbango Desa Baturono.

Kini, akibat aksi yang dilakukannya, pelaku harus rela menikmati pengapnya sel tahanan Polres Lamongan. Menurut Yoan, tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan.

“Saat ini, anggota masih mengembangkan penyelidikan lebih lanjut, ada kemungkinan tersangka pernah mencuri di lain tempat,” pungkas Yoan. [riq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati