Hukum & Kriminal

Polisi Ringkus Komplotan Pencuri Baterai PJU di Ponorogo

Salah satu pelaku pencuri baterai PJU menjalani perawatan di rumah sakit. [Foto: Istimewa]

Ponorogo (beritajatim.com) – Kawanan pencuri spesialis baterai penerangan jalan umum (PJU) berhasil diringkus oleh tim Resmob Satreskrim Polres Ponorogo. Tiga pelaku adalah Risnanto (26) warga Malang, Juwanto (27) warga Nganjuk, dan M. Asrul Facruzi (26) warga Surabaya. Mereka mencuri baterai PJU di Desa Biting, Kecamatan Badegan Ponorogo.

“Ketiga pelaku secara terpisah terpaksa kami lumpuhkan dengan timah panas karena melawan petugas saat akan ditangkap,” kata Kanit Resmob Satreskrim Polres Ponorogo Ipda Anggara Gilang Pradana, Jumat (27/12/2019).

Penangkapan itu berawal dari warga mendengar suara keras benda terjatuh. Ternyata baterai itu jatuh, ketiga pelaku mencoba kabur, namun hanya Asrul dan Juwanto yang sempat lolos sambil membawa 6 baterai PJU menggunakan mobil. “Kedua pelaku akhirnya dapat diringkus di minimarket daerah Kartoharjo Kabupaten Magetan,” katanya.

Anggara, sapaan Anggara Gilang Pradana, menyebut kerugian negara ditaksir mencapai Rp 24 juta atas ulah para pelaku. Ketiganya baru beraksi pertama kali di Ponorogo. Namun, sebelumnya sudah pernah beraksi melakukan tindak kriminal di Jember.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, ketiga pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. “Saat ini ketiga pelaku masih menjalani pemeriksaan di Mapolres,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar