Hukum & Kriminal

Polisi Ringkus Komplotan Jambret Spesialis Korban Perempuan

Petugas menunjukkan sejumlah tas dan pelaku jambret yang diamankan tim Satreskrim Polrestabes Surabaya saat gelar perkara, Selasa (9/6/2020).(Manik Priyo Prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – Sat Reskrim Polrestabes mengamankan empat pelaku jambret. Pelaku ini diamankan dan langsung dilakukan gelar perkara di Mapolrestabes Surabaya, Selasa (9/6/3020).

Di hadapan jurnalis, petugas menjelaskan bahwa keempat pelaku jambret ini sangat meresahkan warga. Bagaimana tidak, mereka selalu mengincar korban perempuan yang teledor mencangklongkan tas di pundak. Tak perduli korban jatuh tersungkur, terlindas kendaraan atau bahkan terjungkal.

“Begini ciri pelaku jambret yang meresahkan warga. Empat orang tersangka 365 ini inisialnya AL, AM, HS dan B, keempat pelaku melakukan tindakan jambret. Khususnya pada masa PSBB melakukan jambret setiap hari. Berbagai macam tas menjadi barang bukti dan sepeda motor pelaku sebagai sarana jambret,” Kanit Jatanras Iptu Aries Ryzki.

Lebih lanjut, Iptu Aries menjelaskan komplotan tersebut terdiri lima pelaku yang semuanya adalah residivis dan dua diantaranya baru keluar melalui program asimilasi bulan Maret lalu.

Ditambahkan Aries, komplotan jambret tersebut merupakan jaringan lama yang bekerja secara kelompok saat beraksi. Tak hanya wilayah Surabaya, para pelaku juga melakukan kejahatan di Wilayah Hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak dan Polresta Sidoarjo.

“Ada satu lagi masih DPO. Jaringan lama yang tak kapok melakukan jambret di Surabaya, Perak, Sidoarjo juga jadi wilayah sasarannya. Masih dalam pengembangan untuk TKP lainnya,” tandasnya.

Tak hanya residivis dan spesialis perampuan, kelima pelaku yang satu lagi masih DPO ini juga sudah diincar Unit Jatanras sejak lama. Bahkan saat pengamanan, terdapat lebih dari 5 tas, identitas korban maupun barang bukti hasil jambret lainnya.

“Sejauh ini pengakuan melakukan aksi jambret sebanyak 31 kali. Tapi masih kita kembangkan berapa sajakah total dan beraksi di wilayah mana saja,” pungkasnya. (man/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar