Hukum & Kriminal

Polisi Ponorogo Kembali Amankan Mobil Bermuatan BBM Ilegal

Ponorogo (beritajatim.com) – Permasalahan tentang BBM seolah silih berganti terjadi di Ponorogo. Mulai dari SPBU yang mengoplos BBM, kebakaran SPBU, dan kebakaran pom mini. Dan yang terbaru polisi mengamankan seorang warga yang mengangkut empat jurigen berisi BBM jenis premium.

”Pengamanan ini merupakan tindak lanjut dari keresahan dari masyarakat yang disampaikan kepada kami,” kata Kanit Reskrim Polsek Siman AIPTU Heri Hartono, Senin (22/7/2019) sore.

Warga mengeluh jika selama ini sulit mendapatkan BBM di SPBU sekitar rumahnya di Desa Madusari Kecamatan Siman Ponorogo. Dikarenakan banyak mobil yang membeli secara berlebihan, bahkan sehari bisa 3-5 kali.

Heri menyebut ketika mendapat informasi dari warga itu, pihaknya langsung mengecek di lapangan. Polsek Siman mendapati satu unit mobil jenis kijang AE 1037 S yang mengangkut empat jurigen yang berisi BBM jenis premium.

”Selain mobil beserta isi didalamnya, kami juga mengamankan pemilik mobil berinisial UH (39) warga Desa Sambilawang Kecamatan Bungkal,” katanya.

Heri menyebut jika saat ini UH dan barang bukti langsung dibawa ke Polsek Siman untuk ditindak lanjuti dan dalami. Kalau unsur pidananya, Heri menyebut dijerat dengan Undang-Undang Migas nomor 22 tahun 2001 pasal 53 terkait dengan kendaraan yang bukan untuk peruntukannya. Yakni digunakan untuk mengangkut BBM. Dengan sanksi ancaman pidana 4 tahun penjara.

”Kami mengapresiasi dengan apa yang telah disampaikan warga. Dengan demikian akhirnya mereka semua akan berhati-hati. Apalagi pernah terjadi kebakaran,” pungkasnya.(end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar