Hukum & Kriminal

Polisi Lumpuhkan Tiga Begal Mobil yang Kerap Beraksi Sadis

Pelaku begal mobil saat diamankan di Mapolrestabes Surabaya, Selasa (2/6/2020) dini hari. (Istimewa)

Surabaya, (beritajatim.com) – Usai berhasil mengamankan seorang pelaku bulan Februari lalu, unit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya kembali menangkap tiga rekan pelaku begal mobil.

Karena pelaku tergolong cerdik, petugas sempat kesulitan saat melakukan penangkapan. Bahkan, pelaku terpaksa melepaskan timah panas di kaki ketiga pelaku dalam penangkapan.

“Awalnya kita amankan pelaku pertama dan kemudian tiga pelaku lainnya. Pelaku tergolong sadis karena tak segan-segan mengancam menggunakan clurit di leher korban,” kata Kanit Resmob Iptu Arief Ryzki kepada beritajatim.com, Selasa (2/6/2020).

Lebih lanjut, Iptu Arief memaparkan pelaku ini saat beraksi selalu berkelompok. Sekali beraksi, peran pelaku pertama melakukan negosiasi untuk menyewa kendaraan khusus pikup dan truk.

Kemudian, pelaku lain melakukan pengintaian dan mengancam korban dari belakang. Sampai akhirnya, pelaku mengalungi leher korban dengan clurit. Selanjutnya, korban ditutup matanya dan diikat kedua tangannya menggunakan perekat atau lakban kain.

“Usai diikat, kemudian korban dimasukkan ke dalam mobil. Sampai akhirnya korban dibuang ke daerah di Gersik. Selanjutnya para pelaku melarikan diri meninggalkan korban seorang diri,” lanjutnya.

Menurut catatan kepolisian dan pengakuan para pelaku, mereka sudah beraksi di enam tempat. Dari seluruh aksi tersebut, dua diantaranya di wilayah Surabaya. Keempat pelaku tersebut yakni Arif Hidayat, warga Kota Surabaya; Honawi, warga Sampang; Abdul Mukti, warga Surabaya; Moch. Anwar Bin H. Syafii alias Sadat, warga Surabaya. (man/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar