Hukum & Kriminal

Satpol PP Gerebek Pabrik Miras di Tuban, Pelaku Sembunyi di Bawah Genting

Tuban (beritajatim.com) – Sebuah gudang bekas warung yang berada di pinggir Jalur Pantura Tuban, tepatnya di jalan Tuban-Surabaya, Dusun Pakah, Desa Gesing, Kecamatan Semanding, digerebek oleh petugas gabungan dari Satpol PP bersama Polres Tuban dan TNI, Senin (1/7/2019) malam.

Gudang yang selalu tertutup dan berada di pinggir jalan raya serta dekat dengan pemukiman warga itu ternyata diketahui memroduksi minuman keras (miras) jenis arak. Saat digerebek, pelaku sedang memproduksi Arak dan bersembunyi saat mengetahui petugas Satpol PP itu datang.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com di lapangan, penggrebekan pabrik arak yang diketahui milik Suyono (33),¬† berawal dari kecurigaan petugas. Pasalnya, keberadaan gudang tersebut selalu tertutup. “Kita mendapatkan informasi masyarakat. Kemudian anggota melakukan pengintaian selama sekitar satu minggu dengan mengawasi sekitar gudang,” terang Kasatpol PP Kabupaten Tuban Heri Muharwanto, saat berada di TKP.

Lokasi Gudang yang digunakan Pabrik Miras

Penyelidikan yang dilakukan oleh Satpol PP itu akhirnya membuahkan hasil dengan mengetahui saluran pembuangan limbah produksi miras itu. Kemudian, petugas mengikuti jalur pipa saluran limbah hingga mengetahui pintu masuk pabrik arak itu dari bagian belakang gudang.

“Dari pipa saluran pembuangan limbah itu diketahui. Hingga akhirnya diketahui lokasi produksinya. Sehingga kami Satpol PP bersama dengan Polres Tuban dan TNI melakukan penggrebekan,” tambah Heri Muharwanto.

Petugas yang mengetahui pintu masuk pabrik miras langsung masuk ke gudang yang kondisinya gelap gulita. Puluhan personil gabungan kaget setelah mengetahui di dalam gudang itu terdapat produksi arak dengan skala¬† besar. “Saat digerebek lokasi pabrik produksi arak ini dalam keadaan operasi. Pelaku sembunyi dengan cara naik ke atas rumah,” paparnya.

Di dalam lokasi pabrik tersebut ditemukan sejumlah barang bukti termasuk arak siap edar sekitar 1.000 liter. Cairan haram itu dikemas dalam botol. Ada juga arak yang masih berada di drum. Suyono yang merupakan pemilik, saat ini sudah diamankan petugas Polres Tuban guna menjalani proses hukum lebih lanjut. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar